Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rel Ganda Jombang--Madiun Beroperasi, Aktivitas Logistik Bakal Terdongkrak

Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia Hermanto Dwiyatmoko menjelaskan keberadaan jalur ganda tersebut dapat meningkatkan jumlah perjalanan di lintas selatan sehingga dapat dimanfaatkan oleh angkutan kereta logistik.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 30 Oktober 2019  |  18:32 WIB
Rel Ganda Jombang--Madiun Beroperasi, Aktivitas Logistik Bakal Terdongkrak
Kereta barang milik PT Kereta Api Indonesia. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Perkeretaapian Indonesia menyatakan tersambungnya jalur ganda kereta api lintas Jombang-Madiun Jawa Timur dapat meningkatkan aktivitas logistik di Tanah Air.

Ketua Umum Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (MASKA) Hermanto Dwiyatmoko menjelaskan keberadaan jalur ganda tersebut dapat meningkatkan jumlah perjalanan di lintas selatan sehingga dapat dimanfaatkan oleh angkutan kereta logistik.

"Tujuan pembangunan jalur ganda yakni meningkatkan kapasitas lintas, jumlah KA yang melewati jalur tersebut, sehingga mengurangi penggunaan angkutan jalan sehingga angkutan barang bisa pindah ke kereta api," katanya kepada Bisnis.com, Rabu (30/10/2019).

Menurutnya, jalur  ganda kereta api akan berdampak terhadap pengurangan kemacetan jalan, kecelakaan lalu lintas, polusi udara, serta kerusakan jalan akibat beban darat yang melewati jalan raya.

Dia menambahkan penambahan angkutan KA logistik juga dapat meningkatkan potensi jumlah angkutan barang melalui jalur kereta api di Pulau Jawa.

Alasannya, Hermanto menilai angkutan barang melalui kereta api akan terbatas pada 10,96 juta ton dan belum bisa bertambah lagi dalam 5 tahun ke depan. Namun, dia mengingatkan, tetap saja aktivitas logistik tersebut akan bersaing dengan jalan tol.

Pembangunan jalur ganda lintas Jombang-Madiun tersebut, termasuk dalam lintas selatan Jawa yang mencakup Cirebon - Kroya - Yogyakarta - Solo - Surabaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api jalur ganda
Editor : Hendra Wibawa
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top