Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik, Cadangan Daya PLN Cukup

PT PLN (Persero) menjamin keandalan listrik di Jakarta Raya karena masih memiliki cadangan daya sekitar 5.000 megawatt (MW) yang bisa menunjang pengembangan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 29 Oktober 2019  |  19:04 WIB
Penumpang turun dari bus listrik usai mengikuti uji coba di halaman Balai Kota, Jakarta, Senin (29/4/2019). Pemprov DKI Jakarta bersama PT TransJakarta dan PT Bakrie & Brother Tbk menyelenggarakan uji coba bus listrik yang bertujuan untuk memastikan penggunaan kendaraan listrik sebagai alat transportasi umum di Jakarta.  - ANTARA
Penumpang turun dari bus listrik usai mengikuti uji coba di halaman Balai Kota, Jakarta, Senin (29/4/2019). Pemprov DKI Jakarta bersama PT TransJakarta dan PT Bakrie & Brother Tbk menyelenggarakan uji coba bus listrik yang bertujuan untuk memastikan penggunaan kendaraan listrik sebagai alat transportasi umum di Jakarta. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) menjamin keandalan listrik di Jakarta Raya karena masih memiliki cadangan daya sekitar 5.000 megawatt (MW) yang bisa menunjang pengembangan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Adapun khusus di wilayah Jakarta, terdapat lima SPKLU. Selain SPKLU, Jakarta Raya juga memiliki sekitar 1.900 titik stasiun pengisian listrik umum (SPLU). 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Ikshan Asaad mengatakan terdapat enam subsistem yang memasok listrik ke kawasan Jakarta Raya dengan daya pasok total 12.000 MW dan beban puncak 7.000 MW. 

Menurutnya, dengan cadangan daya 5.000 MW, Jakarta Raya masih terhitung aman dalam mengembangkan SPKLU maupun SPLU. Apalagi pada tahun depan, PLN berencana menambah stasiun pengisian kendaraan listrik menjadi 180 titik di seluruh Indonesia. 

"Hampir semua blok di Jakarta ada gardu PLN, jadi masih aman," katanya, Selasa (29/10/2019).

Selain itu, meskipun beleid yang mengatur mengenai SPKLU masih digodok pemerintah, PLN memastikan keamanan stasiun tersebut telah memenuhi standar. SPKLU yang saat ini dipasang pun didatangkan dari luar negeri dan telah memenuhi standar keamanan dunia. 

"Harapan kami semakin ramai, kami juga gratiskan sampai akhir tahun ini sebelum permen yang mengatur tarif terbit," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN Kendaraan Listrik
Editor : Lucky Leonard
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top