Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Wisata Budaya, Pemerintah RI Perlu Belajar dari Singapura

Pemerintah Singapura dinilai memiliki perhatian yang cukup besar dalam menggarap pariwisata budaya (heritage tourism) yang mereka miliki untuk menarik jumlah wisatawan ke negara tersebut.
Singapura/Istimewa
Singapura/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Singapura dinilai memiliki perhatian yang cukup besar dalam menggarap pariwisata budaya (heritage tourism) yang mereka miliki untuk menarik jumlah wisatawan ke negara tersebut.

Menurut Wakil Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Panca Sarungu, Singapura lebih serius dalam mengaktualisasikan titik-titik peninggalan sejarah dan budaya mereka.

Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana pemerintah negara kota tersebut memelihara situs bersejarah warisan penjajahan Inggris.

“Banyak gedung-gedung peninggalan kolonial yang masih berfungsi seperti sekarang. Bisa kita lihat seperti gedung bekas kantor pos yang menjadi hotel, ruko-ruko lama, museum seni dan sebagainya. Mereka lebih maju dalam heritage tourism service, dan ini bisa menjadi alat jualan mereka juga,” katanya dalam siaran pers, Senin (21/10/2019).

Panca menambahkan di Indonesia juga banyak spot-spot wisata sejarah dan budaya yang bisa dikunjungi wisatawan. Menurutnya, pemerintah Indonesia baik pusat maupun daerah bisa meniru bagaimana keseriusan Singapura dalam hal manajemen pariwisata di bidang ini.

“Untuk mengelola wisata sejarah, kita perlu belajar dari mereka. Namun sebenarnya daya tarik Singapura bagi orang Indonesia lebih mengarah pada wisata belanja, manmade attraction seperti Universal Studio dan lain-lain. Sedangkan daya tarik Indonesia bagi wisatawan Singapura adalah panorama alamnya yang masih asli, dan ini yang tidak dimiliki negara-negara yang berorientasi pada pembangunan fisik kota,” ungkap pria yang juga menjabat Ketua Umum DPP Masyarakat Sadar Wisata tersebut.

Senada dengan itu, Tatiana Gromenko, pendiri Singapore Guide Book (SGB), sebuah digital platform multi-channel mengenai Singapura, mengungkapkan bahwa wisata budaya dan sejarah di Singapura cukup beragam, mulai dari gedung, museum, situs dan sebagainya.

Bahkan menurutnya, di balik lokasi wisata yang sering dikunjungi para pelancong, terdapat nilai sejarah di belakangnya.

“Misalnya saja Merlion Park. Banyak sekali wisatawan yang mengabadikan momen mereka di sana karena tempatnya yang estetis, apalagi kalau malam hari. Namun mungkin tidak banyak yang tahu kalau lokasi tersebut dulunya adalah kampung nelayan dan konon merupakan tempat pertama kalinya Sir Stamford Raffles menginjakkan kaki di Singapura,” ujarnya.

Selain itu, Tatiana menambahkan, Singapura sebagai sebuah negara yang multi etnis menyimpan segudang peninggalan sejarah dari berbagai ras khususnya bangsa Melayu.

“Di Singapura banyak sekali masjid-masjid yang sejak zaman dulu yang hingga saat ini masih eksis. Bahkan umurnya rata-rata hampir dua abad, seperti masjid Sulthan, masjid Hajjah Fatimah, dan masjid Omar Kampung. Semua didirikan di zaman kolonial sehingga menjadi prasasti sejarah yang masih diberdayakan sampai sekarang.” papar Tania.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper