Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP I Kebut Pengembangan Bandara Syamsudin Noor

PT Angkasa Pura I (Persero) sedang mempercepat pengerjaan pengembangan Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin yang ditargetkan akan rampung pada akhir Oktober 2019.
Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru./angkasapura
Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru./angkasapura

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Angkasa Pura I (Persero) sedang mempercepat pengerjaan pengembangan Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin yang ditargetkan akan rampung pada akhir Oktober 2019.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura (AP) I Handy Heryudhitiawan mengatakan hingga 6 Oktober 2019 proyek pengembangan bandara berkode BDJ tersebut sudah mencapai 91,7%. Perinciannya, proyek Paket I Gedung Terminal mencapai 86,6% dan Paket II Bangunan Penunjang dan Apron sudah tuntas atau 100%.

"Untuk BDJ insyaallah selesai 28 Oktober 2019. Kami akan intensifkan pembangunannya," kata Handy, Minggu (20/10/2019).

Dia menambahkan terdapat dua paket dalam proyek tersebut, yakni sisi darat dan udara. Paket pengerjaan sisi udara mencakup perluasan apron dari 80.412 m² menjadi 129.812 m², yang dapat menampung 16 unit pesawat berlorong tunggal (single aisle), sudah selesai.

Selain itu, terdapat penambahan garbarata (aviobridge) hingga lima unit dan pengembangan gudang kargo dari 972 m² menjadi 2.831m².

Saat ini, lanjutnya, juga sedang dilakukan penyelesaian perluasan gedung terminal. Rencananya, gedung terminal akan diperluas dari 9.043 m² menjadi 77.569 m² agar bisa melayani hingga 12 juta penumpang per tahun.

Perluasan gedung terminal ditunjang dengan penambahan loket lapor diri (check-in counter) dari 20 unit menjadi 42 unit, penambahan conveyor belt menjadi tiga unit pada layanan bagasi, dan perluasan ruang tunggu menjadi 5.128 m². Selain itu, pembangunan lahan pakir seluas 34.360 m² untuk roda empat dan 2.420 m² untuk roda dua.

"Selanjutnya jika sudah selesai akan dilakukan verifikasi, sehingga November tahun ini sudah bisa dioperasikan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper