Kemendag Persiapkan Pelaku Usaha Ikuti Pameran Internasional

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menyelenggarakan lokakarya dengan tema “Strategi untuk Mengikuti Pameran Dagang Internasional” di Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten pada Senin (14/10/2019).
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 16 Oktober 2019  |  19:13 WIB
Kemendag Persiapkan Pelaku Usaha Ikuti Pameran Internasional
Pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Rabu (16/10/2019). - dok. Kemendag

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menyelenggarakan lokakarya dengan tema “Strategi untuk Mengikuti Pameran Dagang Internasional” di Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten pada Senin (14/10/2019).

Lokakarya tersebu bertujuan membantu mempersiapkan pelaku usaha agar lebih efektif dan maksimal dalam mengikuti pameran internasional, seperti Trade Expo Indonesia 2019.

Lokakarya dihadiri sekitar 40 pelaku usaha dari berbagai sektor, antara lain produk alas kaki, pakaian jadi, pertanian (organik dan nonorganik); serta bidang jasa digital seperti animasi, komik, dan tanda tangan digital.

“Melalui lokakarya ini diharapkan para pelaku usaha mendapat pengetahuan bagaimana memaksimalkan pameran internasional dan mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti pameran dagang,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward dalam siaran pers, Rabu (16/10/2019).

Dody menyampaikan, pembekalan bagi pelaku usaha tentang strategi mengikuti pameran dagang merupakan hal yang penting. Hal ini agar pelaku usaha dapat mengkaji dan memilih dengan cermat kesesuaian pameran perdagangan internasional dengan produk yang dipromosikan sehingga lebih tepat sasaran dan efisien.

Hadir sebagai pembicara para tenaga ahli dari mitra kerja Kemendag yang memiliki pengalaman dalam membina pelaku usaha yang berpartisipasi pada pameran internasional di luar negeri.

Selain itu, turut hadir pelaku ekspor yang telah berhasil masuk pasar Amerika Serikat. Pelaku usaha ini memberikan testimoni dan pengalaman yang mereka terima terkait karakteristik pasar, tren, dan cara bernegosiasi dengan para buyers internasional.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menambahkan, pameran skala internasional seperti Trade Expo Indonesia merupakan ajang yang perlu diikuti secara serius untuk mendapatkan peluang transaksi bisnis bagi para pelaku usaha.

“Lokakarya ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan mendorong pelaku usaha untuk menjadi peserta pameran yang profesional dan memiliki strategi untuk menggaet para buyers selama pelaksanaan TEI 2019 pada 16—20 Oktober 2019,” pungkas Marolop.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
trade expo indonesia

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top