Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kuliner Nusantara Unjuk Gigi di Ajang Trade Expo Indonesia 2019

Program Pangan Nusa kembali hadir di Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang berlangsung pada 16—20 Oktober 2019 di Aula 1 dan Aula 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 16 Oktober 2019  |  17:07 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan Pameran Pangan Nusa di Pembukaan Trade Expo Indonesia 2019, Rabu (16/10/2019) - dok.Kemendag
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan Pameran Pangan Nusa di Pembukaan Trade Expo Indonesia 2019, Rabu (16/10/2019) - dok.Kemendag

Bisnis.com, JAKARTA — Program Pangan Nusa kembali hadir di Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang berlangsung pada 16—20 Oktober 2019 di Aula 1 dan Aula 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan kuliner Indonesia yang kaya ragam dan sangat disegani ini berpotensi menyumbang peningkatan capaian TEI 2019.

“Kehadiran aula khusus kuliner dan pangan nusantara di TEI 2019 merupakan kesempatan emas mempromosikan makanan nusantara kepada buyer asing. Kami sangat yakin pangan nusantara juga mampu menyumbang capaian yang cukup besar, bahkan melampaui capaian tahun lalu,” ujarnya, Rabu (16/10/2019).

Tahun ini, Kementerian Perdagangan berpartisipasi menghadirkan 96 stan dan memfasilitasi 219 pelaku UKM pangan dan/atau kuliner siap saji dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Para pelaku UKM tersebut sebelumnya telah dikurasi dinas yang membidangi perdagangan di tiap provinsi.

“Area kuliner dan pangan nusantara tidak hanya menyediakan kuliner dan pangan yang dapat dinikmati langsung pengunjung, tetapi juga akan memberikan edukasi dan informasi mengenai pangan yang sehat dan bergizi yang sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.”

Selain sebagai sarana promosi, lanjut Enggar, Pangan Nusa 2019 dapat menjadi pembelajaran para pelaku usaha untuk mempromosikan produk-produk kulinernya kepada buyer asing. Selain itu, sebagai ajang pertukaran informasi untuk memperluas jaringan mengingat pelaksanaannya yang bersamaan dengan TEI 2019.

"Para pelaku usaha juga diharapkan dapat memanfaatkan ajang Pangan Nusa yang digelar selama TEI 2019 dan melihat peluang ekspor produk kuliner Indonesia ke mancanegara," imbuh Mendag.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Suhanto berharap TEI 2019 dapat mendulang sukses seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kami harap, TEI 2019 dapat mencatatkan capaian yang spektakuler seperti tahuntahun sebelumnya,” ujar Suhanto.

Pada TEI 2018, kuliner Pangan Nusa sukses mencatatkan transaksi Rp6,2 miliar. Transaksi tersebut terdiri atas transaksi kuliner sebesar Rp1,6 miliar dan percobaan pemesanan sebesar Rp4,6 miliar untuk produk wine dari Bali dan Sulawesi Utara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

trade expo indonesia
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top