Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

APLSI : Kehadiran Swasta di Sistem Kelistrikan Bisa Ringankan Beban PLN

Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menyatakan Indonesia masih membutuhkan banyak investasi sistem kelistrikan agar kualitas dan harga semakin kompetitif.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 04 Oktober 2019  |  19:08 WIB
Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) - Rayful Mudassir
Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) - Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menyatakan Indonesia masih membutuhkan banyak investasi sistem kelistrikan agar kualitas dan harga semakin kompetitif.

Direktur Eksekutif APLSI Rizal Calvary Marimbo menilai dengan masuknya investasi dari perusahaan patungan antara Pertamina dan PLN tentu akan meningkatkan investasi sistem kelistrikan di Indonesia. Peningkatan investasi ini juga akan menimbulkan persaingan yang sehat sehingga tercipta output yang berkualitas dan harga listrik yang semakin murah.

"Sebenarnya bukan saingan, investasi di sektor kelistrikan memang sangat dibutuhkan," katanya kepada Bisnis, Jumat (4/10/2019).

Menurutnya, investasi yang dilakukan anak usaha pertamina dan PLN sudah selayaknya produsen listrik swasta. Apabila investasi pembangkitan dilakukan oleh private sector, tentu akan meringankan beban PLN.

Dia mengatakan PLN, sebagai BUMN yang bergerak di sektor kelistrikan, dapat membagi tugas pembangunan pembangkitan ke private sector termasuk anak usaha sendiri maupun produsen listrik swasta lainnya. Dengan demikian, PLN tinggal berfokus pada pembangunan maupun pemeliharaan jaringan transmisi sehingga dapat menghindari pemadaman.

"Sesuai arahan Presiden kan memang private sector harus dibuka ruang lebih luas," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN listrik
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top