Hanguang 800, 'Si Otak Cerdas’ Alibaba

Alibaba Group memperkenalkan produk AI inference chip pertamanya di sela-sela pembukaan Apsara Conference 2019 di Hangzhou, China, Rabu (25/9/2019).
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 25 September 2019  |  11:23 WIB
Hanguang 800, 'Si Otak Cerdas’ Alibaba
Jeff Zhang, CTO Alibaba Group dan President Alibaba Cloud Intelligence, meluncurkan AI Chip Alibaba di sela-sela Apsara Conference 2019 di Hangzhou, China, Rabu (25/9/2019). - Alibaba

Bisnis.com, HANGZHOU – Alibaba Group memperkenalkan produk AI inference chip pertamanya di sela-sela pembukaan Apsara Conference 2019 di Hangzhou, China, Rabu (25/9/2019).

Produk cip cerdas tersebut dikembangkan oleh T-Head di bawah Alibaba DAMO Academy, sebuah program global Alibaba dalam upaya mendorong riset teknologi dan sains.

Cip cerdas tersebut telah digunakan dalam operasi usaha Alibaba Group, terutama dalam hal pencarian produk pada situs dagang-el, rekomendasi terpersonalisasi, periklanan, layanan konsumen cerdas (intelligent customer service), terjemahan otomatis, serta hal-hal lain yang  membutuhkan performa kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) tinggi.

AI inference chip ditunjang dengan performa tinggi berkat teknologi neural processing unit (NPU) Hanguang 800 yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan proses eksekusi pembelajaran mesin (machine learning).

“Peluncuran Hanguang 800 merupakan langkah penting dalam upaya kami untuk terus memajukan teknologi demi masa depan, mendorong kapabilitas komputasi untuk memacu kemajuan berbagai unit usaha kami saat ini dan pada masa depan sambil meningkatkan efisiensi energi,” kata CTO Alibaba Group sekaligus President Alibaba Cloud Jeff Zhang, Rabu (25/9/2019).

Ke depannya, kata Zhang, Alibaba bakal memudahkan klien mengakses advanced computing yang didukung oleh cip Hamguang 800, kapanpun dan di manapun melalui platform Alibaba Cloud.

Zhang menjelaskan konsep Hanguang 800 berawal dari kerangka kerja perangkat keras (hardware) yang dikembangkan sendiri dengan desain algoritma yang dioptimalisasi untuk aplikasi bisnis, seperti ritel dan logistik, pada ekosistem Alibaba.

Dalam tahap uji cobanya, Hanguang 800 diklaim mencatatkan kinerja tinggi. Dalam uji Resnet-50 Inference, kinerja komputasi single-chip ini mencapai titik tertinggi pada 78.563 IPS dan efisiensi komputasi pada 500 IPS/W.

Kedua hasil pengujian performa ini jauh melampaui skor rata-rata industri. Berkat cip tersebut, saat ini para pengguna dapat mengunggah ratusan juta gambar setiap hari ke Taobao, situs dagang-el Alibaba, setiap harinya.

Sebelumnya, mesin membutuhan waktu satu jam untuk mengidentifikasi gambar, menciptakan pencarian khusus, dan memberikan rekomendasi terpersonalisasi bagi ratusan juta konsumen. Kini, semua proses tersebut dapat dilakukan dalam waktu 5 menit oleh Hanguang 800.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
alibaba

Editor : Galih Kurniawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top