Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simulasi Tanggap Darurat Kejadian Luar biasa Digelar di Tol Tangerang-Merak

Astra Tol Tangerang-Merak menggelar simulasi Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (KTD) kejadian luar biasa di lokasi pekerjaan dan adanya tumpahan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Bisnis.com, JAKARTA - Astra Tol Tangerang-Merak menggelar simulasi Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (KTD) kejadian luar biasa di lokasi pekerjaan dan adanya tumpahan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Kegiatan simulai ini diselenggarakan rutin setiap tahunnya, kali ini diadakan di lokasi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 68 arah Jakarta Ruas Tol Tangerang-Merak yang dihadiri oleh Masrana Direktur Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Bisnis PT Marga Mandalasakti bersama dengan beberapa pihak terkait seperti PT Jaya Konstruksi, PT Adhi Karya (Persero) Tbk., Rumah Sakit Sari Asih Serang, Dinas Pemadam Kebakaran Wilayah Serang, Polda Banten, PJR Turangga 003 serta pada simulasi ini juga turut mengundang para mitra kerja. 

Sebagai jalan tol yang menjadi perlintasan antara pulau Jawa dan Sumatera kerap kali menjadikan Tol Tangerang-Merak dilintasi berbagai kendaraan industri yang mengangkut berbagai jenis muatan, salah satunya adalah limbah B3. Menyadari hal ini, ASTRA Tol Tangerang-Merak berupaya mewaspadai dampak terburuk dengan menggelar simulasi rutin sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna jalan.

Simulasi ini juga untuk mempersiapkan kesiapsiagaan dari petugas ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam memberikan pelayanan saat terjadi kecelakaan di lokasi pekerjaan di jalan tol. Hal ini juga sebagai bentuk konsistensi perusahaan terhadap efektivitas standar prosedur dalam penanganan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di lokasi kerja.

Kegiatan ini merupakan salah bentuk peningkatan kerjasama dengan pengguna jalan khususnya para transporter yang membawa limbah B3. “Simulasi ini merupakan salah satu bentuk kajian Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait dengan penanganan kecelakaan kerja di lajur setiap satu tahun sekali untuk melihat bagaimana penanganan petugas dan juga ketersediaan peralatan yang kita miliki saat terjadi kecelakaan kerja.

"Selain itu kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk kerjasama perusahaan dengan pihak terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran wilayah Serang dan juga Rumah Sakit Sari Asih Serang,” ungkap Masrana dalam siaran persnya.

Tidak hanya kepada pengguna jalan, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga memberikan fokus perhatian keselamatan kepada para pekerja dengan mengajak para mitra kerja untuk menjadikan keselamatan sebagai bagian dari prioritas pada saat bekerja. 

“Kami menggandeng mitra kerja untuk melakukan simulasi KTD B3 sebagai langkah antisipasi dan edukasi bagaimana cara penanganan saat terjadi kecelakaan di lokasi pekerjaan di jalan tol dengan penempatan rambu yang sesuai agar tidak mengganggu lalu lintas,” lanjut Masrana.

Seperti yang diketahui saat ini sedang berlangsung pembangunan Simpang Susun Balarja Timur dan pelebaran lajur ketiga pada segmen Balaraja Timur-Cikande,  tentunya dengan dilakukannya simulasi kesiapsiagaan dan tanggap darurat (KTD) ini para petugas yang berada di lokasi kerja dapat turut serta membantu menciptakan kenyamanan, keamanan, dan kelancaraan berkendara bagi pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper