Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mereka yang Bersiap Menangguk Untung dari Pemindahan Ibu Kota

Pengumuman ibu kota baru di Kalimantan Timur yang disampiakn Presiden Joko Widodo pada pekan ini membawa euforia untuk penjualan proyek properti di daerah itu.
Kota Balikpapan./Antara
Kota Balikpapan./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Selain Grup Ciputra, pengembang nasional yang memiliki proyek di Kalimantan Timur seperti PT Agung Podomoro Land Tbk. dan Grup, Sinarmas bakal menikmati keuntungan dari pemindahan ibu kota ke provinsi tersebut.

PT Agung Podomoro Land Tbk. dengan proyek superblok Borneo Bay City di Balikpapan dengan konsep waterfront akan menaikkan harga hunian mereka dari promo Rp700 juta meningkat hingga 5% secara bertahap mulai 1 September 2019.

Head of Advertising And Promote Borneo Bay Tri Wijaya optimistis penjualan Borneo Bay dengan promo Rp700 juta setelah pengumuman pemindahan ibu kota ke wilayah Kalimantan Timur akan meningkat.

Pasalnya, dia mengklaim bahwa setelah pihaknya mengumumkan promosi tersebut, banyak calon pembeli yang antusias dan berencana membeli unitnya.

“Setelah pengumuman [pemindahan ibu kota] itu, kami mengeluarkan promo unit seharga Rp700 juta yang akan berubah secara bertahap menjadi Rp1,70 miliar,” tuturnya kepada Bisnis, Selasa (27/8/2019).

Tri menjelaskan bahwa dari tujuh menara yang dikembangkan di Borneo Bay saat ini hanya bersisa 20% dari total 1.220 unit.

Sementara itu, Head Division Kalimantan dan Sulawesi PT Sinar Mas Wisesa—anak usaha Grup Sinarmas, Limjan Tambunan mengatakan bahwa peningkatan jumlah permintaan hunian dipastikan akan semakin terlihat hingga tahun depan.

“Saat ini peningkatan permintaan hunian memang masih belum terlihat secara langsung, Kami baru merasakan dampak politis, mungkin tahun 2020 baru terasa,” tuturnya kepada Bisnis.

Limjan mengatakan bahwa sebelum berita rencana pemindahan ibu kota negara mulai mencuat kembali, anak usaha Sinarmas itu telah agresif mengembangkan lahan-lahan di sekitar wilayah Kalimantan Timur yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi. Pihaknya kini tengah membangun proyek kawasan komersial dan permukiman Grand City Balikpapan sejak beberapa tahun belakangan.

Seelumnya, Marketing Director PT Ciputra Residence Yance Onggo mengungkapkan bahwa memang adanya pengumuman ibu kota baru di Kaltim membawa euforia untuk penjualan proyek properti di daerah itu. Namun, perusahaan tetap harus melihat perencanaan pembangunannya seperti apa terlebih dulu.

“Lokasi kami di Balikpapan kan berdekatan dengan Penajam Paser Utara, tentu euforianya bisa menjadi baik. Jadi, saat ini kami intensifkan persiapan di lapangan dan lain-lain untuk properti kami, apalagi setelah ditetapkan sebagai IKN [ibu kota negara], ini dampaknya akan sangat positif,” ungkapnya kepada Bisnis, Selasa (27/8/2019).

Akan tetapi, kata Yance, jika melihat potensi pasarnya, Ciputra Residence belum memiliki rencana menaikkan harga properti dan lahan proyeknya di Kaltim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Putri Salsabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper