CKB Logistics Tambah Penerbangan Freighter ke Timika

Saat ini, total pengiriman kargo dengan layanan cargo freighter untuk rute Jakarta ke Timika rata-rata mencapai 60 ton setiap bulannya dengan ragam barang yang dikirim mayoritas merupakan barang produk dan alat pendukung pertambangan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 27 Agustus 2019  |  17:32 WIB
CKB Logistics Tambah Penerbangan Freighter ke Timika
Aktivitas pengiriman kargo melalui layanan cargo freighter yang dimiliki PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics), anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABM). Sebagai bentuk dukungan kelancaran pertumbuhan industri di Timur Indonesia, CKB menambah jadwal layanan pengiriman kargo udara dari Jakarta menuju Timika dan sebaliknya menjadi dua kali dalam sepekan yaitu Kamis dan Sabtu.

Bisnis.com, JAKARTA – Mengoptimalkan peluang bisnis pengiriman barang ke wilayah Indonesia timur, PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics), anak usaha PT ABM Investama Tbk. (ABM), menambah jadwal layanan cargo freighter dari Jakarta menuju Timika dan sebaliknya menjadi dua kali dalam sepekan yaitu Kamis dan Sabtu.

Langkah ini guna menjawab meningkatnya aktivitas bisnis menuju wilayah Indonesia Timur yang menjadi peluang bagi perusahaan jasa logistik. Apalagi kenaikan tarif kargo udara membuat biaya pengiriman barang menjadi semakin tinggi.

Direktur Utama CKB Logistics Iman Sjafei mengungkapkan, penambahan jadwal pengiriman kargo tersebut merupakan respon dari permintaan para pengusaha perikanan laut di Indonesia Timur.

"Banyak pengusaha perikanan yang meminta dukungan agar pengiriman produksi hasil laut lebih cepat sampai ke tujuan di Indonesia Barat. Bagi kami ini merupakan peluang yang bagus untuk membangun sinergi dengan pengusaha lain," ungkapnya dalam keterangan, Selasa (27/8/2019).

Saat ini, total pengiriman kargo dengan layanan cargo freighter untuk rute Jakarta ke Timika rata-rata mencapai 60 ton setiap bulannya dengan ragam barang yang dikirim mayoritas merupakan barang produk dan alat pendukung pertambangan.

Menurutnya, selama ini barang pendukung pertambangan dan produksi mendominasi pengiriman ke wilayah Timur. 

"Ke depan, dengan banyaknya proyek-proyek tambang baru di wilayah ini, potensi pasarnya juga akan terus bertumbuh. Hanya saja kami juga ingin mengoptimalkan peluang lainnya, yaitu pengiriman hasil perikanan laut," ujarnya.

Dia menjelaskan barang dari Indonesia Timur ke wilayah Indonesia Barat mayoritas merupakan hasil dan olahan laut. Oleh karena itu, proses pengirimannya membutuhkan waktu yang cepat agar kualitasnya tetap terjaga.

"Kami di CKB Logistics akan terus mendukung upaya pelaku usaha perikanan di Indonesia Timur dalam menjangkau target pasarnya, termasuk dalam melakukan ekspor," tuturnya.

Sejak beroperasi dua kali dalam seminggu pada 16 Mei 2019 lalu, pengiriman kargo dari Jakarta-Timika-Jakarta menunjukkan peningkatan.

Dia yakin penambahan jadwal ini akan berdampak positif bagi CKB Logistics ke depannya. "Potensi yang bisa dikembangkan masih terbuka luas," jelas Iman. 

Sebelumnya, CKB Logistics mengoperasikan Cargo Freighter menggunakan pesawat Boeing 737 -200 dengan kapasitas hingga 16 ton dalam sekali penerbangan. 

Rute lain yang dilayani termasuk Singapura-Jakarta-Balikpapan yang beroperasi 5 kali sepekan dari Selasa hingga Sabtu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kargo udara

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top