Kecelakaan Lalu Lintas Marak, Kemenhub Sosialisasi Keselamatan Jalan di Tegal

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menuturkan kegiatan sosialisasi itu bernama Pesta Siaga Keselamatan Jalan fokus pada komitmen pemimpin untuk menyuarakan keselamatan jalan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 19 Agustus 2019  |  16:39 WIB
Kecelakaan Lalu Lintas Marak, Kemenhub Sosialisasi Keselamatan Jalan di Tegal
Kecelakaan beruntun yang terjadi di ruas tol Krapyak-Jatingaleh KM 9 arah Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). - Bisnis/Tim Jelajah Jawa/Bali 2019

Bisnis.com, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menggandeng Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal melaksanakan kegiatan sosialisasi keselamatan jalan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menuturkan kegiatan sosialisasi itu bernama Pesta Siaga Keselamatan Jalan fokus pada komitmen pemimpin untuk menyuarakan keselamatan jalan yang disertai oleh kepedulian dan peran serta masyarakat akan pentingnya keselamatan di jalan raya.

Menurutnya, kegiatan itu sekaligus dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September 2019.

“Pesta Siaga Keselamatan ini diharapkan dapat menanamkan budaya keselamatan berlalu lintas sejak usia dini, meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat mengenai perlengkapan keselamatan berlalu lintas serta dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (19/8/2019).

Dia menjelaskan bahwa kegiatan Pesta Siaga Keselamatan 2019 itu adalah salah satu bentuk kepedulian membentuk budaya keselamatan transportasi jalan sejak dini.

Upaya tersebut terlihat dari para peserta yang sebagian berasal dari kalangan pelajar Sekolah Dasar atau tingkat Pramuka Siaga.

Dia berharap para taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan bisa melaksanakan kampanye keselamatan secara terus menerus. "Sebagai kaum milenial diharapkan taruna taruni dapat berperan serta dalam peningkatan keselamatan berlalu lintas melalui ide-ide kreatifnya sehingga dapat memberikan perubahan pada lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat untuk sadar terhadap keselamatan berlalu lintas,” tegasnya.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Sigit Irfansyah mengatakan kegiatan Pesta Siaga Keselamatan Jalan (PSKJ) bertujuan membentuk perilaku dan budaya keselamatan jalan kepada anak-anak.

"Selain itu, untuk memberikan edukasi dan meningkatkan pemahaman dalam budaya berlalu lintas,” jelasnya.

Kegiatan Pesta Siaga Keselamatan Jalan dihadiri para pelajar Sekolah Dasar dari beberapa sekolah di Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pemalang yang berjumlah 500 Pramuka Siaga. Untuk peserta Sosialisasi Keselamatan dan Safety Riding berjumlah 500 orang terdiri atas taruna taruni PKTJ, guru pendamping, dan masyarakat.

Kegiatan Pesta Siaga Keselamatan itu akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan di seluruh Indonesia untuk mengajarkan dan memberikan contoh berperilaku selamat kepada anak-anak saat berlalu lintas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kemenhub, kecelakaan lalu lintas

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top