Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kampanyekan Pariwisata di AS, Indonesia Gelar Culture Caravan 2019

Kampanye pariwisata nasional, Wonderful Indonesia, gencar dipromosikan ke berbagai belaham dunia, termasuk di Amerika Serikat (AS). 
Bus turis mempromosikan Wonderful Indonesia/Antara
Bus turis mempromosikan Wonderful Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kampanye pariwisata nasional, Wonderful Indonesia, gencar dipromosikan ke berbagai belaham dunia, termasuk di Amerika Serikat (AS). 

Kegiatan promosi Wonderful Indonesia (WI) di AS kali ini dilaksanakan dalam misi budaya oleh Perkumpulan Alumni Big Ten Indonesia dengan Sekolah Bogor Raya dengan tajuk Indonesia Culture Caravan (ICC) 2019. 

Adapun Big Ten Indonesia merupakan perkumpulan alumnu AS terbesar dari 14 universitas di wilayah AS bagian tengah.

Penyelenggaraan ICC 2019 tersebut merupakan rangkaian peringatan 70 tahun hubungan diplomatik  RI-AS dengan membawa 27 delegasi yang akan menampilkan kesenian gamelan Sunda dan Jawa serta tarian tradisional 6 universitas di Midwest USA selama 2 pekan. 

Mereka berangkat pada 26 September dan kembali pada 12 Oktober 2019. Mereka akan tampil di Northern Illinois University (Chicago), Wisconsin University (Madison), Indiana University (Bloomington), dan University of Michigan (Ann Arbor).

Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata  Indroyono Soesilo mengapresiasi kegiatan misi kebudayaan yang diselenggarakan atas kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan citra Indonesia didunia internasional. 

"Misi kebudayaan  Indonesia Culture Caravan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Alumni BIG TEN Indonesia dengan Sekolah Bogor Raya di Midwest USA 2019 patut diapresiasi," ujarnya saat bertemu delegasi ICC di gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Kamis (15/8/2019). 

Indroyono menuturkan misi kebudayaan ICC 2019 mempunyai arti penting selain sebagai rangkaian dalam memperingati 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS (1949—2019) juga berperan dalam mempererat hubungan masyarakat di kedua negara atau people to people. 

"Hal penting dari misi budaya ICC ini adalah mempromosikan Wonderful Indonesia," kata Indroyono. 

Selain itu, tujuan dari penyelenggaraan misi budaya ICC 2019 untuk mempererat kerja sama para alumni BIG TEN Indonesia dan Sekolah Bogor Raya (SBR) dengan mahasiswa yang sedang berlajar di AS. 

SBR sebagai satuan pendidikan kerja sama dengan kurikulum internasional berdiri tahun 1995 di Kota Bogor, Jawa Barat saat ini memiliki sekitar 900 siswa dengan latar belakang budaya dan kewarganegaraan yang berbeda.

Dalam kurikulumnya, SBR memberikan program internasional yang mengintegrasikan konsep global dengan apresiasi yang tinggi terhadap kebudayaan dan identitas nasional.

Berdasarkan hal ini, SBR mempunyai divisi misi budaya (cultural program) berangkat dari kecintaan yang mendalam terhadap budaya dan perkembangannya khususnya mengenai gamelan.

Program misi budaya SBR bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan apresiasi terhadap budaya Indonesia serta ikut serta melestarikan keberadaan pertunjukan gamelan. 

Tim kesenian SBR telah beberapa kali menampilkan pagelaran  gamelan dan tarian tradisional dalam berbagai event di dalam negeri dan luar negeri antara lain;  pada  Festival Budaya Anak Internasional di Czech;  Enchanting Evening of Indonesia di Royal Theater Praha, serta baru-baru ini (Juni 2019) melakukan misi budaya ke Eropa; Brussel, Den Haag,  dan Praha menampilkan seni gamelan dan tari tradisional.

promosi wonderful indonesia di new york
promosi wonderful indonesia di new york

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper