Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siang Ini, Menhub Budi Karya Akan Resmikan Stasiun Telaga Murni

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan mengatakan bahwa peresmian stasiun Telaga Murni Bekasi bisa meningkatkan konektivitas dan pelayanan jasa transportasi kereta api khususnya kereta Commuter Line Jabodetabek.
Penumpang berada di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, Jakarta, Minggu (23/7/2017)./Antara-Muhammad Adimaja
Penumpang berada di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, Jakarta, Minggu (23/7/2017)./Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meresmikan Stasiun Kereta Api Telaga Murni di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada hari ini, Selasa (13/8/2019).

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan mengatakan bahwa peresmian stasiun ini dapat semakin meningkatkan konektivitas dan pelayanan jasa transportasi kereta api khususnya kereta Commuter Line Jabodetabek.

"Beliau sekaligus ingin berinteraksi langsung dengan penumpang untuk mendengar aspirasi mereka," katanya dalam siaran pers, Selasa (13/8/2019).

Dia menjelaskan Budi Karya direncanakan berangkat dari Jakarta, Selasa siang ini menggunakan kereta Commuter Line bersama dengan vlogger Boy William dan Farah Han dan tiba di Stasiun KA Telaga Murni pada pukul 14.00 WIB.

Sebagai informasi, pembangunan Stasiun Telaga Murni merupakan tindak lanjut Perjanjian Kerjasama antara Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan PT Fajarputera Dinasti pada 2014. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembangunan pada 2015 sampai dengan 2018.

Pembangunan tersebut diprakarsai pemerintah daerah yang pembangunannya melibatkan peran serta swasta, dalam hal ini pengembang kawasan pemukiman di wilayah Kabupaten Bekasi. Lokasi Stasiun Telaga Murni ini terletak di antara lintas Jakarta-Cikampek tepatnya antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang di Desa Telaga Murni.

Luas tanah Stasiun Telaga Murni adalah 2,051 m² dan luas bangunan 2,630 m². Stasiun ini memiliki fasilitas peron 260 meter untuk melayani 12 rangkaian kereta. 

Stasiun ini dibangun sesuai spesifikasi teknis sehingga memenuhi standar pelayanan minimum stasiun perkotaan, berupa fasilitas seperti ticketing gate, Closed Circuit Television (CCTV), serta petunjuk informasi kereta dan petunjuk jalur bagi penumpang.

Stasiun KA Telaga Murni ini telah dilakukan uji coba pengoprasian sejak 18 Mei 2019 hingga hari ini. Dari hasil uji coba tersebut telah dilakukan evaluasi secara keseluruhan hingga hari ini Stasiun Telaga Murni dinyatakan laik operasi dan siap diresmikan oleh Menteri Perhubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper