Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Harus Genjot Industri Pengolahan

Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah dipandang harus serius dalam menggenjot industri pengolahan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 08 Agustus 2019  |  15:21 WIB
Pengolahan ikan
Pengolahan ikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah dipandang harus serius dalam menggenjot industri pengolahan.

"Dalam empat lima tahun industri pengolahan menurun terus. Ini harus jadi perhatian," tutur Direktur Eksekutif Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Tauhid Ahmad, Rabu (7/8/2019).

Begitu pula dengan pertambangan dan penggalian yang terjun bebas ketika harga minyak turun.

"Kita tak punya harapan lagi pada komoditas berbasis SDA. Ini padahal sangat rentan dan fluktuatif pada kondisi global," sambungnya.

Tauhid menilai perlambatan pertumbuhan ekonomi kuartal II/2019 secara postur paling banyak terpengaruh oleh transportasi dan pergudangan juga industri pengolahan.

"Penyebabnya di transportasi adalah angkutan udara. Kuartal I dan II masih berlanjut. Penyebabnya adalah tiket yang mahal itu," tuturnya.

Oleh sebab itu, Tauhid menilai pemerintah perlu mengkaji ulang kebijakan menurunkan tarif batas atas angkutan udara. Hal ini mengingat imbas dari penurunan angkutan udara masih dominan pada kuartal II/2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top