Konsumen Berharap Ada Kenaikan Upah Minimum Tahun Depan

Bank Indonesia menyebut optimisme konsumen pada prakiraan ekonomi ke depan sedikit meningkat dari bulam sebelumnya dipicu oleh harapan naiknya upah minimum pada 2020.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  15:34 WIB
Konsumen Berharap Ada Kenaikan Upah Minimum Tahun Depan
Pemerintah menetapkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP). - Bisnis/Radityo Eko

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank Indonesia menyebut optimisme konsumen pada prakiraan ekonomi ke depan sedikit meningkat dari bulam sebelumnya dipicu oleh harapan naiknya upah minimum pada 2020.

Menurut Survei Konsumen pada Juli 2019, kenaikan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Juli 2019 dari 138,1 menjadi 138,4 dipicu oleh penguatan ekspektasi konsumen pada penghasilan ke depan. Hal ini seiring dengan ekspektasi kenaikan upah awal 2020.

"Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Penghasilan pada Juli 2019 meningkat 4,0 poin menjadi 150,2," tulis BI dalam laporan dikutip Selasa (6/8/2019).

Meski ekspektasi kegiatan usaha dan ketersediaan tenaga kerja pada 6 bulan mendatang menurun, BI mencatat kenaikan IEK berasal dari responden dengan tingkat pengeluaran di bawah Rp5 juta per bulan.

Konsumen masih memprakirakan ketersediaan lapangan kerja ke depan tidak setinggi bulan sebelumnya.

Hal ini tercermin dari Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja sebesar 125,8 yang lebih rendah 2,4 poin dari bulan sebelumnya.

Asal tahu saja, penurunan indeks terjadi pada sebagian besar kategori pendidikan dan kelompok usia. Terutama pada responden dengan pendidikan sarjana dan berusia di atas 60 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
upah minimum

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top