Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerek Produktivitas, Pelindo III Perpanjang Dermaga Bagendang Kalteng

PT Pelabuhan Indonesia III memperpanjang dermaga Pelabuhan Bagendang, di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menjadi 440 m. 
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Doso Agung./Istimewa
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Doso Agung./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III memperpanjang dermaga Pelabuhan Bagendang, di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menjadi 440 m. BUMN operator pelabuhan tersebut semula sudah mengoperasikan dua dermaga yang masing-masing sepanjang 120 meter. 

“Setelah dibangun sejak Agustus tahun lalu, kini dermaga baru sepanjang 200 meter yang dibangun Pelindo III sudah siap disandari kapal-kapal besar,” kata Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Joko Noerhudha,  Senin (5/8/2019).

Dengan total panjang dermaga yang mencapai 440 meter, dia melanjutkan secara otomatis kapasitas bongkar muat meningkat. Semula, dermaga hanya cukup untuk disandari dan melayani bongkar muat dua unit kapal. Kini, dermaga mampu melayani sandar dan bongkar muat tiga hingga empat unit kapal secara bersamaan.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menambahkan, perpanjangan dermaga akan meningkatkan produktivitas pelabuhan yang akan membawa manfaat turunan berupa peningkatan efisiensi logistik untuk pengangkutan dan distribusi barang di kawasan Kalimantan Tengah.

“Kapal-kapal yang semula harus mengantre, kini bisa lebih cepat sandar dan membongkar muat kargonya di dermaga Pelabuhan Bagendang, yang kini lebih panjang," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, efisiensi akan dirasakan mulai dari perusahaan pelayaran karena waktu tunggu kapal lebih singkat hingga para pemilik barang karena barang dapat segera diangkut untuk didistribusikan. Berikutnya, masyarakat sebagai end customer mendapatkan harga yang lebih murah.

“Proyeksi tersebut sesuai dengan komitmen untuk terus mengembangkan pelabuhan agar berkontribusi positif pada peningkatan efisiensi biaya logistik. Selain itu, juga meningkatkan daya saing produk setempat agar lebih mampu bersaing di pasar dengan biaya pengangkutan yang lebih efisien,” tambahnya.

Dermaga yang baru diresmikan tersebut merupakan dermaga multipurpose yang dapat difungsikan untuk melayani bongkar muat barang peti kemas maupun curah, seperti CPO yang merupakan komoditas andalan wilayah sekitar (hinterland) Pelabuhan Bagendang.

Berdasarkan data Pelindo III, pada semester I/2019 ini, Pelabuhan Bagendang sudah disandari oleh 100 unit kapal dengan bobot 389.692 GT. Kemudian, arus peti kemas mencapai 29.943 TEUs. Dengan adanya fasilitas dermaga yang lebih panjang, arus barang melalui Pelabuhan Bagendang tahun ini melonjak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper