Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hadapi Persaingan Industri Ritel, Seibu Gandeng JCB untuk Kemudahan Berbelanja

Di tengah persaingan ketat antarpelaku usaha ritel modern, PT Panen Selaras Intibuana yang membawahi SEIBU Indonesia sekaligus anak emiten PT Mitra Adiperkasa Tbk, menggandeng perusahaan kartu kredit PT JCB International Indonesia dalam sistem pembayaran. 
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 26 Juli 2019  |  14:36 WIB
Suasana di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Suasana di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Di tengah persaingan ketat antarpelaku usaha ritel modern, PT Panen Selaras Intibuana yang membawahi SEIBU Indonesia sekaligus anak emiten PT Mitra Adiperkasa Tbk, menggandeng perusahaan kartu kredit PT JCB International Indonesia dalam sistem pembayaran. 

Komisaris PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA)  Handaka Santosa mengatakan upaya ini menyelamatkan ritel modern di tengah persaingan yang ketat. 

"Ritel ini persaingannya ketat. Banyak ritel dibidang fashion khususnya departement store yang sudah tutup. Di satu sisi, kami juga harus meningkatkan sales, jadi bagaimana promosi ini dilakukan agar salesnya bisa naik," ujarnya seusai acara Press Conference Kick Off JCB dan Seibu patnership, Kamis (25/7/2019).  

Selain persaingan antar ritel modern, tantangan sektor ritel juga berat akibat ritel online. Terlebih banyak ritel online yang menggratiskan bea masuk sehingga harus menggandeng patner seperti JCB untuk kerjasama lebih erat lagi. 

"Dengan adanya JCB ini, kami banyak promosi, agar belanja lebih banyak lagi. Kuncinya di promosi karena di department store lain juga pasti ditemukan merek yang sana seperti yang berada di Seibu," katanya. 

Dia menuturkan pertumbuhan penjualan di gerai Seibu memang cukup tinggi yakni sekitar 20% di tahun ini. 

Pihaknya belum berencana membuka gerai baru Seibu di pusat perbelanjaan lain. Pasalnya, untuk membuka gerai baru dimana segmen marketnya menengah ke atas perlu memilih lokasi. 

"Ada rencana buka gerai baru beberapa tahun ke depan, bukan saat ini. Saya enggak bilang daya beli kita rendah, tetapi spending belanja belum begitu tinggi," ucapnya. 

Handaka menambahkam melalui kerja sama ini, perseroan dapat meningkatkan transaksi dari JCB.

Dalam kesempatan yang sama, Marketing Director dari Panen Selaras Intibuana Arnolda Ratnawati Sidarta menuturkan dengan makin berkembangnya sistem pembayaran, saat ini konsumen semakin dimudahkan dengan kecepatan dan beragam inovasi saat melakukan transaksi. 

"Kami bangga dapat bermitra dengan JCB sebagai salah satu metode pembayaran yang tersedia di Seibu Departemen Store. Kami ingin memberikan shopping experience yang makin menyenangkan dengan beragam privilege bagi para pemilik kartu JCB Indonesia dan juga pelanggan setia Seibu," tuturnya. 

President Direktur dari PT JCB International Indonesia Koichiro Wada menuturkan JCB selalu berusaha untuk selalu meningkatkan bisnis di Indonesia secara agresif dengan memberikan produk berkualitas tinggi dan bermitra dengan perusahaan besar untuk memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pemegang kartu JCB dan juga pelanggan Seibu. 

Kerja sama antara dua perusahaan yang berpusat di Jepang ini, memberikan keuntungan bagi tiap transaksi minimal Rp 2 juta di SEIBU dengan promo voucer belanja senilai Rp 200.000, jika pembayaran dilakukan dengan kartu kredit JCB Indonesia.

Periode promosi yang berlaku setahun, yakni Juni 2019 hingga 31 Mei 2020 ini, juga memberikan pelanggan promo lainnya seperti diskon akhir pekan dan beragam program taktis.

Adapun kartu JCB Indonesia untuk saat ini dapat dimiliki melalui Bank BNI, BRI, CIMB Niaga, Mandiri dan Maybank. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ritel modern
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top