Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

90 Persen Warga Babel Sudah Mengakses Air Bersih & Sanitasi Layak

Berdasarkan hasil rekapitulasi akses sanitasi dan air minum yang layak, pada triwulan pertama 2019, penduduk yang mendapatkan akses kedua bidang itu sudah 1.142.532 jiwa dari 1.366.735 jiwa jumlah penduduk se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bisnis.com, PANGKALPINANG — Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan bahwa 90 persen dari 1,30 juta jiwa penduduk di daerah penghasil timah itu sudah memiliki dan mengakses air minum dan sanitasi yang layak sehingga dapat mempercepat peningkatan kualitas kesehatan serta kesejahteraan masyarakat daerah itu.

"Selama ini, penduduk miskin tidak memiliki akses terhadap air minum dan sanitasi yang layak sehingga mereka mengorbankan pendapatannya untuk membeli air yang merupakan kebutuhan dasarnya," kata Kepala Dinkes Provinsi Kepulauan Babel Mulyono seperti dikutip dari Antara, Kamis (18/7/2019).

Berdasarkan hasil rekapitulasi akses sanitasi dan air minum yang layak, katanya, jumlah penduduk yang sudah bisa mengakses keduanya pada triwulan pertama 2019 sudah 1.142.532 jiwa dari 1.366.735 jiwa jumlah penduduk se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Ketersediaan sarana sanitasi dan air bersih juga sangat penting karena penggunaan air dan sanitasi yang tidak layak dapat menyebabkan terjadi pendarahan, infeksi penyakit berbasis lingkungan, misalnya, diare, hepatitis, dan disentri, serta stunting," ujarnya.

Selain itu, sarana air minum dan sanitasi yang layak ini juga dapat mempercepat Penanganan stunting, yang merupakan salah satu prioritas nasional.

"Kita harus mencarikan solusi yang lebih baik, terutama dalam percepatan pelaksanaan kegiatan intervensi kesehatan lingkungan melalui peningkatan kualitas sanitasi lingkungan layak pada aspek perilaku yang benar-benar tercapai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper