PAMERAN KARYA KREATIF INDONESIA 2019, Kain dan Kerajinan Jadi Produk Terlaris

Produk kain dan kerajinan tercatat menjadi produk terlaris dalam ajang  Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang digelar oleh Bank Indonesia pada 12-14 Juli 2019.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 17 Juli 2019  |  15:49 WIB
PAMERAN KARYA KREATIF INDONESIA 2019, Kain dan Kerajinan Jadi Produk Terlaris
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (keempat kiri), Ketua Dewan Dekranas Mufidah Jusuf Kalla (tengah) dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kiri) meninjau Pameran Karya Kreatif Indonesia di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/07/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA -- Produk kain dan kerajinan tercatat menjadi produk terlaris dalam ajang  Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang digelar oleh Bank Indonesia pada 12-14 Juli 2019.

Berdasarkan keterangan resmi dari Bank Indonesia, Rabu (17/7/2019), perhelatan pameran KKI 2019 dari UMKM binaan Bank Indonesia tersebut mencatat omzet sebesar Rp10,09 miliar.

Dari nilai total penjualan yang dicapai, kain dan kerajinan menembus angka penjualan Rp9,49 miliar, sedangkan makanan minuman olahan mencapai Rp598,27 juta.

KKI 2019 juga menjadi ajang temu bisnis (business matching) UMKM di Indonesia. Nilai business matching dalam kegiatan tersebut mencapai Rp66,55 miliar, yang meliputi akses pembiayaan bank kepada 28 UMKM dengan nilai baki debet Rp8,3 miliar, 30 UMKM dengan e-commerce untuk pemasaran digital dengan omzet mencapai Rp19,9 miliar, dan 33 UMKM dengan importir atau agregator untuk ekspor senilai Rp38,4 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, disepakati pula kontrak kerja sama antara UMKM binaan Bank Indonesia dengan pembeli dari Korea Selatan, Papua Nugini, dan Singapura dengan nilai komitmen Rp3,2 miliar.

Ke depan, melalui penyelenggaran KKI dan program pengembangan UMKM lainnya, UMKM Indonesia dapat makin naik kelas, mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi melalui pemanfaatan platform digital, dan berorientasi ekspor.

Untuk itu, Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk mendorong UMKM ke arah peta jalan yang mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian yang lebih terakselerasi dan inklusif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, umkm

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top