Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bisnis Franchise Diyakini Tumbuh 10 Persen

Para pelaku usaha franchise optimistis pertumbuhan usaha waralaba di Indonesia tumbuh 8% hingga 10% sepanjang tahun ini. 
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 06 Juli 2019  |  05:00 WIB
Aneka Franchise. - Ilustrasi
Aneka Franchise. - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Para pelaku usaha franchise optimistis pertumbuhan usaha waralaba di Indonesia tumbuh 8% hingga 10% sepanjang tahun ini. 

Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Levita Supit mengatakan tahun ini, prospek bisnis franchise dan waralaba lebih baik dari tahun lalu. 

Hal itu dikarenakan, tahun lalu masyarakat masih wait and see sehingga enggan melakukan bisnis waralaba. Namun tahun ini usainya pesta demokrasi diyakini banyak orang yang akan tertarik berbisnis waralaba. 

"Tahun ini saya kira lebih baik dari tahun lalu, karena orang tak lagi wait and see untuk berbisnis. Bisnis franchise ini banyak direspon masyarakat," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (5/7/2019). 

Adapun pertumbuhan bisnis franchise sepanjang tahun lalu tumbuh sekitar 5%. Tahun ini diperkirakan pertumbuhan bisnis franchise mencapai 8% hingga 10%. 

"Tren saat ini kan orang ingin punya usaha. Usaha apa yang mudah ya dengan waralaba. Enggak perlu mikir lagi dari nol. Mereka pun akan mudah memperoleh pinjaman dari kalangan perbankan karena bisnisnya sudah ada," katanya. 

Dia menuturkan tantangan bisnis waralaba ini yakni harus inovatif dan kreatif. Pasalnya, beraneka ragam munculnya bisnis waralaba dan ditambah lagi banyak waralaba asing yang masuk ke Indonesia. 

"Mau enggak mau, waralaba harus kreatif saat ini beraneka macem bisnis," ucap Levita. 

Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia Andrew Nugroho juga meyakini pertumbuhan usaha franchise atau waralaba di Indonesia tumbuh 10% sepanjang tahun ini.

"Tahun ini 10%. Kalau tahun lalu enggak sampai 10%, tahun lalu sekitar 5%an. Ini target pertumbuhan cabang, konsep baru, dan transaksi," ujarnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waralaba
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top