Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konstruksi Jalan Tol Layang Japek Rampung September 2019

Progres pekerjaan konstruksi di akhir Juni 2019 telah mencapai 86%.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  19:34 WIB
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated. - Bisnis/Jasa Marga
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated. - Bisnis/Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., menargetkan bahwa konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated bisa rampung pada September 2019.

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono mengatakan, progres pekerjaan konstruksi di akhir Juni 2019 telah mencapai 86%. Dia menerangkan, proyek jalan tol layang sepanjang 36,4 kilometer itu masih menyisakan 139 steel box girder atau gelagar baja yang belum terpasang dari total kebutuhan 2.585.

Menurut Djoko, pemasangan gelagat berlangsung setiap hari saat window time, yakni mulai pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB. JJC juga berkoordinasi dengan berbagai pihak pelaksana proyek-proyek lain yang berada di sekitar Jalan Tol Jakarta-Cikampek, antara lain  LRT Jakarta-Bekasi Timur, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing. 

Djoko mengimbuhkan, koordinasi diperlukan agar pelaksanaan pembangunan proyek-proyek di sekitar Jalan Tol Jakarta-Cikampek tidak saling bersinggungan. 

“Kendala yang dihadapi sementara ini adalah mengatur sequence pekerjaan dengan kondisi lalu lintas yang sangat padat di dalam window time," jelas Djoko dalam siaran pers, Jumat (28/6/2019).

Untuk diketahui, Jalan Tol Layang Jakarta--Cikampek II berada tepat di sebagian ruas jalan tol Jakarta--Cikampek existing. Proyekk ini membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 s.d. Sta 47+500). Setelah beroperasi, jalan tol ini berfungsi untuk mengurangi kepadatan di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek. 

Keberadaan jalan tol layang juga menjadi alternatif bagi pengguna jalan tol yang hendak  menuju ke Cikampek maupun Bandung. Walhasil, jalan tol layang juga dapat menunjang distribusi arus barang dan jasa, baik yang menuju maupun keluar Jakarta dari Jawa Barat dan berlanjut dari atau ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga tol jakarta-cikampek jalan tol jakarta-cikampek (japek)
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top