Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Catat Ekspor Komoditas Pertanian Meningkat Kuartal I/2019

Kementerian Pertanian mencatat sejumlah kinerja positif perdagangan komoditas pertanian selama kuartal I 2019. Peningkatan ekspor ke sejumlah negara Asia dan Eropa bahkan diklaim berdampak baik pada neraca perdagangan secara nasional.
Ilustrasi Kelapa Sawit
Ilustrasi Kelapa Sawit

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian mencatat sejumlah kinerja positif perdagangan komoditas pertanian selama kuartal I 2019. Peningkatan ekspor ke sejumlah negara Asia dan Eropa bahkan diklaim berdampak baik pada neraca perdagangan secara nasional.

Salah satu neraca perdagangan yang memperlihatkan performa positif adalah antara Indonesia dan Malaysia. Berdasarkan data Kementan, surplus perdagangan yang dinikmati Indonesia untuk periode Januari-Maret 2019 mencapai 480,442 ton dengan nilai US$241 juta.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri menyatakan total nilai ekspor pertanian Indonesia ke Malaysia selama kuartal I sendiri mencapai US$287 juta dengan volume sebesar 513,917 ton.

Sementara untuk impor selama Januari-Maret 2019, Indonesia tercatat membeli produk pertanian asal Malaysia sebanyak 33,476 ton dengan nilai US$44 juta.

Selain Malaysia, Kuntoro mengatakan kinerja positif dan surplus juga terjadi dalam kerja sama dagang dengan negara Asia lain seperti China, Jepang, Korea dan Filipina.

Namun Kuntoro tak memperjelas besaran perdagangan dengan negara-negara tersebut.

Ia hanya mengungkapkan bahwa pasar China masih potensial untuk produk pertanian Indonesia. Ia merujuk pada surplus perdagangan yang dirasakan Indonesia pada 2018 yang mencapai nilai US$2,265 miliar.

"Nilai ekspor pertanian Indonesia ke China pada 2018 mencapai US$4,025 miliar atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan transaksi sebelumnya yang hanya US$2,058," kata Kuntoro dalam keterangan resmi, Jumat (21/6/2019).

Kuntoro mengungkapkan bahwa Indonesia sejatinya masih memiliki potensi ekspor pertanian yang lebih besar ke China. Namun sampai saat ini sejumlah komoditas hortikultura dan perkebunan asal Indonesia masih menghadapi hambatan berupa bea masuk yang relatif tinggi. Selain itu, China juga menerapkan standar sanitary and phytosanitary (SPS) yang sulit dipenuhi oleh petani Indonesia.

Untuk komoditas yang berkontribusi besar dalam perdagangan kedua negara, Kuntoro mengakui produk kelapa sawit masih menjadi andalan. Produk lain seperti karet, kelapa, kakao, dan produk hewan juga tercatat memiliki kontribusi besar.

"Untuk kelapa sawit masih menjadi andalan kita karena nilainya yang cukup besar. Kami mencatat sampai saat ini sebanyak 3,935 juta ton kelapa sawit diekspor ke China dengan nilai transaksi mencapai US$2,69 miliar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper