AS Merilis Bukti Serangan Pada Kapal Tanker, Iran Tak Percaya

Pihak militer Amerika Serikat merilis foto-foto baru yang disebutkan akan memojokkan Iran dalam serangan terhadap sebuah kapal tanker di perairan Teluk pekan lalu.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 18 Juni 2019  |  07:28 WIB
AS Merilis Bukti Serangan Pada Kapal Tanker, Iran Tak Percaya
Kapal Angkatan Laut Iran mencoba memadamkan api di atas sebuah kapal tanker yang diserang di Teluk Oman, Kamis (13/6/2019). - Tasnim News Agency via Reuters

Kabar24.com, JAKARTA—Pihak militer Amerika Serikat merilis foto-foto baru yang disebutkan akan memojokkan Iran dalam serangan terhadap sebuah kapal tanker di perairan Teluk pekan lalu.

Argumen AS berpusat pada perangkat peledak kapal yang tidak kunjung meledak di kapal Kokuka Courageous. Alat itu dikatakan telah dipindahkan oleh Iran dengan menggunakan kapal patroli di kawasan perairan strategis itu.

"Iran bertanggung jawab atas serangan yang didasarkan pada bukti video dan sumber daya serta kecakapan yang dibutuhkan untuk dengan cepat memindahkan perangkat peledak yang tidak meledak," menurut Pentagon dalam sebuah pernyataan yang menyertai gambar tersebut seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (17/6).

Minggu lalu AS merilis sebuah video hitam putih yang dikatakannya menunjukkan orang-orang Iran memindahkan perangkat tersebut. Akan tetapi belum ada penjelasan mengapa mereka diduga melakukannya ketika militer AS mengamati mereka.

Salah satu foto yang dirilis kemarin menunjukkan apa yang digambarkan Pentagon sebagai "sisa-sisa alat pelekat magnetik dari perangkat peledak yang gagal." Sedangkan foto lainnya  menggambarkan tempat perangkat itu diduga dipasang.

Tehran dengan keras membantah terlibat dalam serangan terhadap Kokuka Courageous dan kapal lain, dan mengisyaratkan bahwa Washington sendiri bisa melakukannya karena gagal  menekan Iran dengan sanksi ekonomi.

Awak kapal Kokuka Courageous milik Jepang melaporkan bahwa mereka melihat "benda terbang" sebelum ledakan kedua di atas kapal, kat

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kapal tanker

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup