Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Efisiensi, PT URD Gresik Gunakan Gas PGN

PT Unggul Regantris Digdjojo, Industri manufaktur peleburan & ekstruksi aluminium profile di Menganti-Gresik, teraliri gas alam terkompresi (CNG) dari PGN Group, menggantikan penggunaan batu bara.
Logo PGN/ repro
Logo PGN/ repro

Bisnis.com, JAKARTA- PT Unggul Regantris Digdjojo, Industri manufaktur peleburan & ekstruksi aluminium profile di Menganti-Gresik, teraliri gas alam terkompresi (CNG) dari PGN Group, menggantikan penggunaan batu bara.

PT. Unggul Regantris Digdjoyo  yang berlokasi di Jalan Pelemwatu No. 199 Menganti, Gresik Jawa Timur berlangganan Compressed Natural Gas (CNG) dari PT Gagas Energi Indonesia Regional 2 (“PGN Gagas”) dengan volume minimum 30.000 m3/bulan.

PT Unggul Regantris Digdjoyo (URD) merupakan salah satu pelanggan sinergi GAGAS dengan PGN Area Surabaya. Diawali dengan berlangganan CNG, PT Unggul akan segera menerima aliran gas alam lewat jaringan pipa PGN pada akhir tahun 2019. Hal ini sesuai komitmen Gagas Energi Indonesia sebagai anak perusahaan PGN untuk terus meningkatkan value terhadap produk gas bumi melalui moda CNG dan terus agresif melakukan akusisi pelanggan.

Selama ini, PT Unggul  Regantris Digdjojo (PT. URD) menggunakan bahan bakar batu bara & solar. Sebagai upaya perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih bersih, sehat, bebas polusi, dan ramah lingkungan, maka PT URD memilih Energi Baik berupa CNG dari grup Perusahaan Gas Negara.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengungkapkan selaku Sub Holding Gas, PGN mempunyai misi menjaga dan memeratakan penggunaan energi baik, yang efisien dan aman. “Hal tersebut merupakan misi dari segala aksi korporasi PGN Group, tujuannya menciptakan nilai ekonomi yang unggul buat masyarakat maupun pelaku industri,” ungkapnya.

Dia mengatakan selama ini, ongkos energi bagi pelaku industri cukup signifikan mempengaruhi struktur biaya produksi. Dengan kata lain, sambung Rachmat, jika mayoritas industri menggunakan gas alam yang lebih efisien dan aman, maka penghematan yang signifikan akan dikantongi pelaku usaha.

“Dengan efisiensi sektor energi saja, para pelaku industri bisa menghadirkan harga kompetitif buat produknya, atau menyiapkan dana ekspansi,” tuturnya, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima, Senin (17/6/2019).

Hal inipun dibenarkan Business & Development Manager PT URD Andre Hartawan. Dia mengemukakan, penggunaan bahan bakar batubara sebagai bahan bakar utama produksi sebelum penggunaan gas alam dinilai kurang efisien dan menjadi faktor utama penyebab berbagai kendala terhadap produktivitas mesin dan kualitas produk itu sendiri.

“Dengan adanya gas alam sebagai sumber bahan bakar utama, hal pertama yang dapat kami rasakan secara langsung adalah peningkatan signifikan terhadap cleanliness area produksi sehingga meja-meja produksi tidak mudah tertutup debu batubara yang dapat menurunkan kualitas produk,” terangnya.

Andre juga mengatakan Penggunaan gas alam juga meningkatkan produktivitas pabrik sehingga lebih efisien dan efektif. Ia mengemukakan contoh pada mesin oven saat memakai batubara dibutuhkan waktu ageing (pematangan produk) sekitar 8-9 jam sementara dengan memakai gas alam dibutuhkan waktu ageing hanya sekitar 4 jam. “Tentu hal ini menjadi faktor yang sangat berpengaruh baik dan signifikan terhadap produktivitas kami”, ujar Andre.

Andre Hartawan menegaskan keyakinannya bahwa melakukan investasi peralihan bahan bakar dari batubara ke gas alam merupakan investasi yang tepat  dan menguntungkan. Terutama dalam mendukung visi misi perusahaan untuk terus berkarya dan melakukan ekspansi produk-produk ekspor ke mancanegara.

PT URD memiliki lahan pabrik dan gudang seluas 2,7 Ha di Jl. Raya Pelemwatu No 199, Menganti – Gresik dan mulai berjalan soft production pada tanggal 09 Januari 2019. URD mempunyai bidang produksi yang lengkap, mencakup dari hulu yaitu peleburan skrap aluminium menjadi billet dan ekstrusi aluminum profile hingga ke hilir yaitu finishing product.

Kapasitas produksi hingga saat ini mencapai 300 ton per bulan dan akan terus ditingkatkan seiring dengan ekspansi mesin-mesin produksi baru.

Produk-produk profile aluminium yang dihasilkan berupa hollow pipa kotak, hollow pipa oval, pipa polos, pipa garis, rel gorden, showcashe dan beberapa produk lain. Produk profile aluminium tersebut umumnya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti jemuran, etalase, rak piring, alat pel (pembersih lantai), dan lain-lain.

PT Unggul Regantris Digdjoyo (URD) mendistribusikan hasil produknya ke beberapa wilayah seperti Jawa Timur (Surabaya dan sekitarnya), Jawa Tengah (Semarang dan Yogyakarta), dan Kalimantan Selatan (Banjarmasin dan sekitarnya).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper