Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Puncak Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi H-3 Lebaran

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik di Merak akan terjadi pada H-3 atau 2 Juni 2019.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 01 Juni 2019  |  15:12 WIB
Foto udara ribuan kendaraan pemudik tujuan Pulau Sumatera antre sebelum memasuki kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (30/5/2019). Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diprediksi terjadi tanggal 31 Mei - 2 Juni 2019. - Antara/Dziki Oktomauliyadi
Foto udara ribuan kendaraan pemudik tujuan Pulau Sumatera antre sebelum memasuki kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (30/5/2019). Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diprediksi terjadi tanggal 31 Mei - 2 Juni 2019. - Antara/Dziki Oktomauliyadi
Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik di Merak akan terjadi pada H-3 atau 2 Juni 2019.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nilla F. Moeloek, memantau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten pada H-4 jelang Lebaran.
 
Menurutnya terjadi peningkatan penumpang di Pelabuhan Merak. Kendati demikian pergerakan penumpang tidak terlalu padat karena hari libur cukup panjang, sehingga pola mudik masyarakat tersebar di beberapa hari.
 
"Kami harapkan tidak ada lonjakan yang melebihi kapasitas, dengan begitu pemudik bisa mendapatkan layanan yang baik. Puncak mudik di sini kelihatannya H-3 akan lebih padat,” kata Budi, Sabtu (1/6/2019).
 
Dia menjelaskan untuk mengantisipasi hal tersebut Kemenhub sudah bekerja sama dengan Polda dan Pemda Banten. Pihaknya juga meminta agar proses masuknya kendaraan untuk dipercepat.
 
"Sistem proses masuknya kendaraan juga akan dipercepat. Apabila ada masyarakat yang tidak punya pembayaran dengan elektronik bisa masuk dengan sistem manual,” ujarnya.
 
Pada kesempatan yang sama Menko Bidang PMK Puan Maharani menilai mulai H-5 hingga hari ini semuanya berjalan baik dan lancar. Lalu lintas terkendali maupun ketertiban menuju kapal juga bisa berjalan dengan baik.
 
"Tadi sempat bicara dengan penumpang mereka menyampaikan bahwa tiket untuk penyeberangan dengan kapal eksekutif dengan harga Rp50.000 cukup terjangkau. Fasilitas yang bagus menurut saya, sehingga mereka merasa kenyamanan dan merasa mudik tahun ini menjadi lebih baik,” ujar Puan.
 
Sementara itu Menteri Kesehatan Nilla F. Moeloek menyampaikan bahwa Kementeriannya mendukung mudik di Pelabuhan Merak dengan mendirikan posko-posko kesehatan yang siap membantu para pemudik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan merak
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top