Bandar Udara Internasional Juanda Raih Peringkat ke Empat di Most On Time Airports se Asia Pasifik

Aspek pelayanan prima menjadi keutamaan bagi pengelola bandara.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  11:52 WIB
Bandar Udara Internasional Juanda Raih Peringkat ke Empat di Most On Time Airports se Asia Pasifik
Calon penumpang mencetak tiket di samping layar informasi penerbangan di terminal keberangkatan domestik 1B Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (7/2/2019). Bandara tersebut ditutup sementara akibat rusaknya landasan pacu. - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, SIDOARJO - Aspek pelayanan prima menjadi keutamaan bagi pengelola bandara. Kali ini, kinerja operasional Bandar Udara Internasional Juanda mendapat apresiasi pada level internasional sebagai bandar udara paling tepat waktu (most on time airport) dikawasan Asia Pasifik untuk periode April 2019.

Meraih nilai 95.3 % Bandar Udara Internasional Juanda menduduki peringkat ke-4 mengalahkan bandara besar seperti Bandara Changi dengan nilai 85.9 %, Bandara Narita dengan nilai 83.8 %, Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta dengan 82.5 %,  Bandara Suvarnabhumi dengan nilai 79.6 % dan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan nilai 76 %. Secara global Bandar Udara Internasional Juanda berada di peringkat ke-19.

Hasil tersebut diperoleh dari laporan Bulanan OAG, yang menyediakan informasi penerbangan digital, intelijen dan analitik untuk bandara, maskapai penerbangan serta perusahaan teknologi perjalanan.

Peringkat on time performance oleh OAG selama bulan April tersebut diolah berdasarkan data OAG Flightview yang mencatat data penerbangan selama satu bulan untuk menunjukkan kinerja ketepatan waktu bandara terbaik. 

OAG merupakan lembaga analis terkemuka di industri penerbangan dengan database jadwal penerbangan yang dimiliki oleh lebih dari 900 maskapai dan 4.000 bandara di seluruh dunia. 

OAG mendefinisikan on time performance sebagai penerbangan yang berangkat atau tiba dalam jangka waktu 15 menit dari jadwal waktu keberangkatan dan kedatangan. Persentase on time performance dibagi dengan jumlah total penerbangan dikalikan 100 %.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda menyambut baik hal ini. “Kami sangat bersyukur bahwa Bandar Udara Internasional Juanda dapat meraih peringkat ke empat pada on time performance yang dinilai oleh OAG untuk bulan April. Kami menyadari bahwa hasil ini juga merupakan hasil kinerja dari seluruh pihak terutama maskapai, ground handling dan airnav yang turut menjaga on time performance. Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu kami untuk meraih ini. Selanjutnya kami akan terus berupaya untuk meningkatkan on time performance tidak hanya untuk sebatas penilaian namun yang terpenting adalah komitmen bersama untuk mewujudkan kenyamanan bagi pengguna jasa bandar udara. Ini merupakan wujud dari upaya kami memberikan pelayanan yang prima bagi penumpang, dalam hal ini ketepatan waktu yang diakui menjadi salah satu yang terbaik di kawasan Asia Pasifik,” tambahnya.

Pemantauan internal on time performance juga dilakukan secara berkala oleh manajemen Bandar Udara Internasional Juanda. Selama April 2019, Bandar Udara Internasional Juanda, secara keseluruhan mencatat 87 % on time performance untuk Terminal 1 (T1).

Adapun nilai on time performance maskapai pada Terminal 1 (T1) yaitu Citilink 94 %, Trigana Air 93 %, dan Batik Air 92 %.

Sedangkan untuk Terminal 2 (T2) secara keseluruhan on time performance pada skor 93 %.  Untuk nilai on time performance masing-masing maskapai sebagai berikut China Airlines 100 %, Citilink 99 %, dan Malaysia Airlines 98 %.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
angkasa pura i

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top