IPC Berangkatkan Ribuan Pemudik Gratis Tujuan Batam

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC memfasilitasi keberangkatan ribuan pemudik dari Jakarta yang menggunakan moda transportasi kapal laut.
Rinaldi Mohammad Azka | 27 Mei 2019 09:43 WIB
Ilustrasi - KM Kelud bersandar usai perlayaran perdana pascaperbaikan di Pelabuhan Sekupang, Batam, Sabtu (15/11/2014). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC memfasilitasi keberangkatan ribuan pemudik dari Jakarta yang menggunakan moda transportasi kapal laut.


IPC melepas ribuan pemudik program ‘Mudik Gratis bersama IPC 2019’ dengan tujuan Batam. Mereka bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, dengan kapal penumpang KM Kelud.


Pelepasan keberangkatan para pemudik itu dilakukan langsung oleh Direktur SDM IPC Rizal Ariansyah di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (26/5/2019) dini hari.


“Ini untuk pertama kalinya IPC memfasilitasi mudik gratis dengan kapal laut. Ternyata tahun ini animo warga untuk pulang kampung dengan kapal laut cukup tinggi,” katanya dalam keterangan pers, Minggu (26/5/2019).


Selain tujuan Batam, IPC juga memfasilitasi mudik gratis dengan kapal laut tujuan Surabaya. Pelepasan pemudik tujuan Surabaya akan dilakukan 29 Mei 2019. Nantinya, pemudik berangkat dengan menaiki kapal penumpang Dorolonda.


“Mudik dengan kapal laut menjadi alternatif bagi warga yang hendak berlebaran di kampung halaman. Kami menyiapkan sekitar 2.000 tiket gratis untuk warga Jakarta, ini sangat membantu ketika masyarakat dihadapkan pada fenomena tingginya harga tiket pesawat,” ujar Rizal.


Selama dalam pelayaran, IPC menyediakan makanan, dan menyiapkan obat-obatan. IPC juga memberkali asuransi perjalanan. “Kami ingin memastikan bahwa para pemudik merasa nyaman dan aman,” katanya.


Melalui program ini, terangnya, IPC membantu pemerintah menyediakan sarana transportasi mudik yang aman. Mudik gratis ini merupakan program Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang rutin dilakukan IPC setiap tahun, sekaligus wujud nyata program ‘BUMN Hadir untuk Negeri’.


Selain dengan kapal laut, IPC memfasilitasi mudik gratis bagi 22.000 warga Jakarta dan sekitarnya dengan fasilitas bus berstandar pariwisata. Para pemudik akan diberangkatkan serentak dari Tanjung Priok pada 29 Mei 2019, dengan tujuan 16 kota di Jawa dan Sumatra.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ipc, mudik gratis

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top