Wings Air Tuntaskan Uji Coba Terbang dari Batam ke Kepri

Wings Air mengklaim telah menyelesaikan uji coba terbang awal (proving flight) untuk rute dari Batam tujuan Tanjung Balai, Karimun, Kepulauan Riau, dengan lancar.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 24 Mei 2019  |  14:32 WIB
Wings Air Tuntaskan Uji Coba Terbang dari Batam ke Kepri
Aktivitas penerbangan pesawat udara di Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM), Sulawesi Selatan, Senin (18/2/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Wings Air mengklaim telah menyelesaikan uji coba terbang awal (proving flight) untuk rute dari Bandara Hang Nadim, Batam, tujuan Bandara Raja Haji Abdullah, Tanjung Balai, Karimun, Kepulauan Riau, dengan lancar.


Corporate Communications Strategic Wings Air Danang M. Prihantoro mengatakan, tujuan utama proving flight adalah bagian dalam upaya melakukan pengkajian pasar dan potensi layanan penerbangan berjadwal. Adapun, dalam proving flight ini, Wings Air membawa dua flight operation officer (FOO) dan perwakilan dari Regional Manager Lion Air Group.


"Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama kru pesawat, pengelola bandar udara, pengelola lalu lintas udara dan pihak terkait yang mendukung penuh operasional hari ini sehingga proving flight terlaksana secara tepat," kata Danang dalam siaran pers, Jumat (24/5/2019).


Wings Air mengoperasikan satu tipe ATR 72-600 registrasi PK-WHV. Pesawat lepas landas dari Batam pukul 13.05 WIB dan tiba di Tanjung Balai Karimun pada 13.30 WIB. Penerbangan kembali, berangkat pada 14.25 WIB dan sudah mendarat dengan mulus di Batam pukul 14.50 WIB dengan total waktu tempuh sekali jalan sekitar 25 menit.


Menurutnya, setelah dilakukan proving flight dan market review, maka akan memberikan alternatif baru perjalanan udara, mempermudah akses dan mendukung pertumbuhan ekonomi baru di wilayah kepulauan, serta memperkuat konektivitas antardaerah.


Wings Air menjadikan Batam sebagai salah satu kota penghubung (hub) dengan beroperasi 10 frekuensi harian pergi pulang (PP). Lion Air, Wings Air dan Batik Air saat ini sudah melayani penerbangan dengan frekuensi 56 regular flight berangkat dan datang (PP) setiap hari melalui Bandar Udara Internasional Hang Nadim.


Layanan tersebut menawarkan perjalanan lanjutan (connecting flight) ke beberapa kota tujuan, antara lain Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Dumai, Letung, Natuna, Rengat, Tanjung Pinang, Jambi, Kerinci, Palembang, Pangkalpinang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Manado, Denpasar, Lombok, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
penerbangan, wings air, uji coba terbang (proving flight)

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top