SPAM Gorontalo Manfaatkan Bendungan Bulango Ulu

Rencananya SPAM tersebut akan memanfaatkan debit air Sungai Bulango yang ditampung oleh Waduk Bulango Ulu. Sedangkan pembangunan waduk tersebut saat ini memasuki proses penetapan lokasi lahan.
Newswire | 15 Mei 2019 08:55 WIB
ilustrasi. - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, GORONTALO--Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim bersama para kepala daerah kabupaten/kota setempat menandatangani berita acara Kesepakatan Bersama Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Gorontalo Raya, di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR), Jakarta, Selasa.

Kesepakatan dengan Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Sumber Daya Air itu dikuti oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Wali Kota Gorontalo Marten Taha. Hadir pula Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf serta Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras.

Kesepakatan bersama tersebut berisi tentang dukungan pemerintah daerah, dalam pembangunan SPAM Regional di Gorontalo. Rencananya SPAM tersebut akan memanfaatkan debit air Sungai Bulango yang ditampung oleh Waduk Bulango Ulu. Sedangkan pembangunan waduk tersebut saat ini memasuki proses penetapan lokasi lahan.

“Penandatanganan ini kami lakukan di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan ini juga mendapatkan berkah dan percepatannya,” kata wagub, Selasa (14/5/2019).

Pembangunan SPAM yang mampu melayani kebutuhan air di Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo itu dinilainyasangat penting.

Selain cakupan akses air minum Gorontalo yang baru 79,2 persen, ketersediaan air bersih masih menjadi kendala terutama saat musim kemarau.

“Kalau mengharap pada dana APBD tentu hal ini tidak mungkin, makanya kami mengapresiasi penanganan langsung oleh Kementerian PUPR. Kami berharap capaian air minum di Gorontalo dalam empat tahun ke depan bisa 80 hingga 90 persen,” tambahnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
spam, gorontalo

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup