Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SPAM Gorontalo Manfaatkan Bendungan Bulango Ulu

Rencananya SPAM tersebut akan memanfaatkan debit air Sungai Bulango yang ditampung oleh Waduk Bulango Ulu. Sedangkan pembangunan waduk tersebut saat ini memasuki proses penetapan lokasi lahan.
ilustrasi./ANTARA-Zabur Karuru
ilustrasi./ANTARA-Zabur Karuru

Bisnis.com, GORONTALO--Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim bersama para kepala daerah kabupaten/kota setempat menandatangani berita acara Kesepakatan Bersama Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Gorontalo Raya, di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR), Jakarta, Selasa.

Kesepakatan dengan Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Sumber Daya Air itu dikuti oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Wali Kota Gorontalo Marten Taha. Hadir pula Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf serta Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras.

Kesepakatan bersama tersebut berisi tentang dukungan pemerintah daerah, dalam pembangunan SPAM Regional di Gorontalo. Rencananya SPAM tersebut akan memanfaatkan debit air Sungai Bulango yang ditampung oleh Waduk Bulango Ulu. Sedangkan pembangunan waduk tersebut saat ini memasuki proses penetapan lokasi lahan.

“Penandatanganan ini kami lakukan di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan ini juga mendapatkan berkah dan percepatannya,” kata wagub, Selasa (14/5/2019).

Pembangunan SPAM yang mampu melayani kebutuhan air di Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo itu dinilainyasangat penting.

Selain cakupan akses air minum Gorontalo yang baru 79,2 persen, ketersediaan air bersih masih menjadi kendala terutama saat musim kemarau.

“Kalau mengharap pada dana APBD tentu hal ini tidak mungkin, makanya kami mengapresiasi penanganan langsung oleh Kementerian PUPR. Kami berharap capaian air minum di Gorontalo dalam empat tahun ke depan bisa 80 hingga 90 persen,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper