Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Jalan Lingkar Gorontalo Masuki Segmen Ketiga

Karena adanya pertimbangan pembangunan waduk Bulango Ulu, maka jalur GORR segmen tiga diubah menjadi dari Tapa ke Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, GORONTALO--Proses pembangunan jalan lingkar Gorontalo atau Gorontalo Outer Ring Road (GORR) memasuki segmen ketiga.

"Pada pembangunan segmen ini mengalami perubahan trase jalan (alih trase). Dalam rencana awal GORR segmen tiga melintasi Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango hingga pelabuhan di Kota Gorontalo," kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Gorontalo, Senin (13/5/2019).

Namun karena adanya pertimbangan pembangunan waduk Bulango Ulu yang diklaim akan menjadi destinasi wisata baru, maka jalur GORR segmen tiga diubah menjadi dari Tapa ke Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara.

“Ada beberapa pertimbangan di antaranya segera dibangun waduk Bulango Ulu dan ini sangat bermanfaat, khususnya di bidang pariwisata. Kita juga melanjutkan program dulu waktu kita masih dengan Provinsi Sulawesi Utara, pernah dirancang pembuatan jalan dari Tapa ke Buata (Atinggola)”, ucap Rusli.

Sementara itu Team Leader PT. Geodinamik Konsultan, Luthfi, yang menjadi konsultan perencana pada mega proyek infrastruktur tersebut menjelaskan adanya perubahan trase di segmen 3 perlu dilakukan peninjauan ulang kelayakan pembangunan jalan GORR.

Peninjauan kembali harus dilakukan karena studi kelayakan sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2012 dan dikhawatirkan tidak lagi sesuai dengan kondisi saat ini.

Karena ada perubahan trase di segmen tiga, katanya, maka perlu dilakukan review study kelayakan atau peninjauan ulang terkait pembangunan jalan GORR, khususnya di segmen tiga ini.

Peninjauan ulang terkait dengan usulan alternatif trase segmen tiga berupa studi trase, studi kajian terdahulu, studi kelayakan, dan saran pemilihan alternatif trase. Selanjutnya, penentuan rute dan penanganan terpilih yang paling layak secara teknis dan ekonomis.

"Diakhiri dengan penyusunan pra-rencana teknis untuk rute terpilih berdasarkan survei yang lengkap," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper