Proyek Air Minum Semarang Barat Dimulai Pertengahan 2019

Tahap konstruksi SPAM Semarang Barat berlangsung selama dua tahun sehingga pada 2021, instalasi pengolahan air sudah bisa mengalirkan air ke pelanggan PDAM Tirta Moedal.
Rivki Maulana | 09 Mei 2019 15:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Konstruksi proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) Semarang Barat diperkirakan bakal dimulai pada pertengahan 2019. Badan usaha pelaksana (BUP) bakal menuntaskan tahap pemenuhan pembiayaan atau financial closing terlebih dahulu.

PT Air Semarang Barat (ASB) telah memenangi lelang pengusahaan SPAM Semarang Barat dengan durasi kontrak 25 tahun. ASB merupakan anak usaha patungan yang dibentuk PT Aetra Air Jakarta  dengan PT Medco Gas.

Direktur Utama PT Aetra Air Jakarta, Mohamad Selim mengatakan ASB tengah menyiapkan tahap pemenuhan pembiayaan yang dijadwalkan berlangsung pada 22 Mei 2019. "Pra konstruksi dimulai begitu FC [financial close] ditandatangani. Mudah-mudahan berjalan lancar," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (9/5/2019).

Selim menambahkan, tahap konstruksi SPAM Semarang Barat berlangsung selama dua tahun sehingga pada 2021, instalasi pengolahan air sudah bisa mengalirkan air ke pelanggan PDAM Tirta Moedal.

Saat beroperasi, SPAM Semarang Barat akan menjangkau 60.000 sambungan rumah di 31 kelurahan di 3 kecamatan yakni Semarang Barat, Tugu dan Ngaliyan. Sumber air bak7 untuk proyek ini diambil dari  Bendungan Jatibarang.

Akses air bersih melalui jaringan pipa PDAM sekaligus diharapkan bisa mengurangi pemakaian air tanah yang saat ini telah menyebabkan penurunan muka air tanah di Kota Semarang.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
air minum, spam

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup