Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Tumbuh 5,07 Persen di Kuartal Pertama, Menkeu Sri Mulyani : Sesuai dengan Proyeksi

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah membuat analisa bahwa pertumbuhan ekonomi tiga bulan pertama pada 2019 di kisaran 5,05%—5,07%.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati./ANTARA-Nyoman Hendra Wibowo
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati./ANTARA-Nyoman Hendra Wibowo

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,07% pada kuartal I/2019 (year-on-year) masih sesuai dengan perkiraan pemerintah.

Menurutnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah membuat analisa bahwa pertumbuhan ekonomi tiga bulan pertama pada 2019 di kisaran 5,05%—5,07%.

“Jadi hasilnya tidak berbeda dengan apa yang kita proyeksikan, masih sesuai yang kita proyeksikan untuk yang kuartal pertama ini,” katanya di Istana Negara, Senin (6/5/2019).

Dari sisi konsumsi, dia memperkirakan masih cukup baik yakni di atas 5%. Tak hanya itu, dia juga merujuk dari sisi pemerintahan growth cukup baik karena ada akselerasi terutama belanja sosial.

Angka 5,07% pada kuartal I/2019 diungkapkannya memang masih lebih baik dibandingkan perolehan kuartal I/2018 yakni 5,6%.

Salah satu penyebab yang dijelaskannya adalah periode tersebut bertepatan dengan pesta demokrasi sehingga berpengaruh dari segi keputusannya.

“Kita berharap pada kuartal kedua dan sampai akhir kuartal akan pick up, karena angkanya di sekitar 5%. Mestinya bisa lebih tinggi,” ujarnya.

Melansir data Badan Pusat Statistik, struktur pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2019 adalah konsumsi rumah tangga 5,01%, pembentukan modal tetap bruto (PMTB) 5,03%, ekspor -2,08%, konsumsi pemerintah 5,21%, konsumsi LNPRT (Lembaga Non Profit Rumah Tangga) 16,93%, dan impor -7,75%.

Terkait dengan pertumbuhan ekspor yang kurang bergairah, Sri Mulyani menjelaskan pemerintah akan mengawasi pergerakan dari sisi faktor internal (daya saing) dan eksternal.

“Dengan pertumbuhan ekonomi dunia yang melemah, memang kita harus melihat apa yang menjadi penyebabnya, faktor eksternal yaitu ekspor destinasinya atau yang berasal dari dalam negeri, dari daya kompetisi komoditas atau perekonomian kita. Itu yang harus kita eksplore lagi,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper