Sah, Terminal 2F Bandara Soetta untuk Maskapai LCC Rute Internasional

Keputusan ini akan membuat bandara berkode CGK bisa lebih memperluas konektivitas dan pangsa pasar khususnya di segmen penerbangan berbiaya murah.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 26 April 2019  |  17:42 WIB
Sah, Terminal 2F Bandara Soetta untuk Maskapai LCC Rute Internasional
Ilutrasi - Aktivitas penerbangan di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (18/12/2018). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) akan mengoperasikan Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta khusus bagi maskapai berbiaya murah (low cost carrier terminal/LCCT) rute internasional per 1 Mei 2019.


Direktur Utama AP II Muhamad Awaluddin mengatakan, keputusan ini akan membuat bandara berkode CGK bisa lebih memperluas konektivitas dan pangsa pasar khususnya di segmen penerbangan berbiaya murah. Total nantinya terdapat terdapat delapan LCC yang melayani rute internasional dari LCC Terminal 2F.


“Segmen LCC tumbuh cukup pesat di seluruh dunia termasuk di Asia Tenggara, dan Soekarno-Hatta bersiap untuk meraih pasar itu,” kata Awaluddin, Jumat (26/4/2019).


Dia menambahkan, penumpang LCC khusus rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta pada 2018 mencapai 30% dari total penumpang rute internasional yang sebesar 15,5 juta orang.


Penumpang segmen LCC juga masih tumbuh pada periode 1 Januari--24 April 2019 tercatat 1,34 juta orang atau naik hampir 2% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, sebanyak 1,32 juta orang.


Sementara itu, lanjutnya, pergerakan pesawat pada 1 Januari--24 April 2019 mencapai 9.604 pergerakan atau naik 5,03% dibandingkan dengan 1 Januari--24 April 2018.


“Penerbangan murah menjadi tren di kalangan traveler khususnya mereka yang termasuk generasi milenial. Di Soekarno-Hatta sendiri, sekitar 60% penumpang pesawat adalah generasi milenial,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandara soekarno-hatta, maskapai lcc, maskapai penerbangan

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top