Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batam Kembangkan Wisata Pulau Penyangga Lewat Rumah Singgah

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau mengembangkan pariwisata dengan rumah singgah atau homestay di pulau-pulau penyangga yang dikelola sendiri oleh masyarakat setempat.
Pemandangan di satu sudut Kota Batam./Dok. Kementerian Pariwisata
Pemandangan di satu sudut Kota Batam./Dok. Kementerian Pariwisata

Bisnis.com, BATAM--Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau mengembangkan pariwisata dengan rumah singgah atau homestay di pulau-pulau penyangga yang dikelola sendiri oleh masyarakat setempat.

"Kami ingin mengembangkan 'homestay' di pulau-pulau untuk menarik kunjungan wisman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata di Batam, Kamis (18/4/2019).

Untuk melaksanakan rencananya, pemerintah akan menggunakan Dana Alokasi Khusus tahun ini untuk sosialisasi operasional "homestay" atau rumah singgah kepada masyarakat di pulau-pulau penyangga.

Dia mengatakan tahun ini Disparbud Kota Batam mendapatkan anggaran DAK Rp500 juta untuk nonfisik di bidang pariwisata, dan sebagiannya akan digunakan untuk mengajak masyarakat mengembangkan rumah singgah.

"Konsepnya memanfaatkan rumah-rumah penduduk yang sudah ada sekarang, atau pun hanya kamar-kamar mereka untuk penginapan," kata Ardi.

Karenanya, rumah-rumah warga perlu dipoles, terutama terkait sanitasi, agar nyaman dan sesuai dengan standar penginapan yang baik.

Lalu, pelancong yang menginap diajak untuk ikut beraktivitas dalam kegiatan sehari-hari masyarakat, seperti pergi ke pantai dan laut untuk mencari ikan, menenun, membuat bubu dan lainnya.

Menurut Ardi, berwisata kembali ke alam dengan suasana kampung, kini sedang menjadi tren yang sangat disukai pelancong.

"Kita mengangkat kearifan lokal untuk menarik wisman. Jadi wisman menenun, atau kalau di Belakangpadang, ikut mencari kerang dan lainnya," kata dia.

Bila sudah jadi, kata dia, pemerintah akan membantu pemasarannya dengan menggandeng agen dan tur perjalanan, juga platform pariwisata seperti pegipegi.com, booking.com dan lainnya. Dan untuk modal menyiapkan fasilitas penginapan di rumah, warga juga bisa memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat bidang pariwisata, kata Ardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper