Ini Persiapan Jasa Marga Agar Mudik Lancar

Jalan tol layang Jakarta - Cikampek tidak akan digunakan selama mudik lebaran nanti. Jasa Marga akan mengoptimalkan lajur di ruas eksisting untuk mengakomodasi pergerakan kendaraan saat mudik Lebaran.
Rivki Maulana | 15 April 2019 12:21 WIB
Foto aerial suasana lalu-lintas jalan tol Cikampek, di kawasan Bekasi, Jawa Barat. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Operator jalan tol terbesar di Indonesia, PT Jasa Marga Tbk. melakukan sejumlah persiapan menjelang musim mudik Lebaran pada Mei 2019. Perseroan memproyeksi, arus lalu lintas selama mudik bakal berjalan lancar.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani musim mudik lebaran tahun ini akan terasa istimewa karena untuk pertama kalinya pemudik bisa menggunakan jalan tol dari Merak hingga Probolinggo. "Berdasarkan studi dari Litbang Kemenhub, Trans Jawa akan menjadi favorit dan itu sesuai juga dengan prediksi kami," ujarnya di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Desi memastikan, jalan tol layang Jakarta - Cikampek tidak akan digunakan selama mudik lebaran nanti. Jasa Marga akan mengoptimalkan lajur di ruas eksisting untuk mengakomodasi pergerakan kendaraan saat mudik Lebaran.

Pihaknya juga melakukan kaji ulang terhadap tren lalu lintas di jalan tol guna menyesuaikan kapasitas gardu. Dia menjamin, penyesuaian kapasitas gardu tidak akan menimbulkan antrean panjang.

Secara khusus, Jasa Marga juga akan memindahkan gerbang tol (GT) Cikarang Utama 1 dari KM 29 ke KM 70 jalan tol Jakarta-Cikampek (GT Cikampek Utama) untuk melayani lalu lintas dari dan menuju arah Jawa Tengah. Pemindahan GT juga dilakikan pada GT Kalihurip Utama dinryas Cipularang untuk melayani lalu lintas dari dan menuju arah Bandung.

Pemindahan GT dilakukan untuk mengurai kepadatan yang terjadi di GT Cikarang Utama yang kerap seperti tahun-tahun sebelumnya. Dessi menuturkan, pemidanaan GT Cikarang Utama juga dilakukan seiring perubahan tren komuter.

"Dulu, paling jauh komuter ke Cikarang. Sekarang sudah sampai Karawang. Ini akan jauh lebih ringan karena di Cikampek [arus lalu lintas] sh pecah, ada yang ke Timur dan Selatan," jelasnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jasa marga, pt jasa marga tbk

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup