Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Coworking Space di Melbourne Melonjak 960 Persen Dalam Tiga Tahun

Penelitian LaunchVic menunjukkan bahwa coworking space di Melbourne, Australia telah tumbuh sebesar 960 persen selama tiga tahun belakangan.
Kota Melbourne di Australia/tripadvisor
Kota Melbourne di Australia/tripadvisor

Bisnis.com, JAKARTA – Penelitian LaunchVic, perusahaan akselerator yang didirikan oleh pemerintah Victoria menunjukkan bahwa coworking space di Melbourne, Australia telah tumbuh sebesar 960 persen selama tiga tahun belakangan. Kota tersebut menampung hampir setengah dari coworking space yang ada di Australia.

Coworking space telah mengalami popularitas yang luar biasa selama dasawarsa terakhir dan Melbourne menjadi kota yang cepat dalam menerima tren tersebut, lebih cepat daripada kota Australia lainnya.

Chief Executive LaunchVic Kate Cornick mengatakan bahwa setidaknya ada 170 coworking space di Melbourne yang secara langsung melayani bisnis rintisan berbasis teknologi atau startup.

“Alasan coworking spaces sangat populer bagi mereka [startup] adalah karena coworking spaces menjadi cara mudah bagi perusahaan untuk menghadapi pertumbuhan yang cepat,” tuturnya, dilansir dari Abc.net.au, Senin (8/4/2019).

Dia menjelaskan, coworking space membuat para pebisnis rintisan bisa lebih efektif dalam hal pembiayaan. Misalnya, jika sebuah startup ingin tumbuh dengan cepat hingga memiliki 100 karyawan, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli 100 meja sekaligus.

“Sementara jika memanfaatkan coworking space, mereka bisa menyewa dua meja dalam satu bulan, tiga meja di bulan berikutnya, lima meja di bulan sesudahnya. Jadi itu menjadi cara yang sangat murah bagi para pemula untuk meningkatkan skala dalam lingkungan bisnis profesional,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, coworking space juga menjadi tempat lahir dan tumbuhnya komunitas bisnis. Ruang kerja bersama tersebut menawarkan peluang jaringan bagi pemula untuk memilih perusahaan yang mereka tuju dan mengembangkan diri.

“Coworking space yang berhasil memang lebih dari sekedar layanan sewa,” lanjutnya.

Stephen Colman, pendiri Neighbourhood, salah satu coworking space di Melbourne, mengaku terjun di bisnis coworking space secara tidak sengaja. Bisnis yang dijalaninya full time tersebut baru saja diluncurkan pada September lalu dan saat ini sudah penuh.

“Saya telah mengamati dengan seksama pertumbuhan coworking space di Melbourne dan percaya bahwa tren tersebut akan terus berlanjut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eva Rianti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper