Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LPEI dan Forum Exim Bank Asia Kerja Sama Tingkatkan Ekspor

Indonesia Eximbank menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan The 37th Asian Exim Bank Forum (AEBF) Training Programme yang dibuka oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Menteri Keuangan saat memberi sambutan di The 37th Asian Exim Bank Forum (AEBF) Training Programme./Istimewa
Menteri Keuangan saat memberi sambutan di The 37th Asian Exim Bank Forum (AEBF) Training Programme./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank belum lama ini menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan The 37th Asian Exim Bank Forum (AEBF) Training Programme yang dibuka oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

AEBF merupakan forum antara Export Credit Agencies (ECA), Development Bank, dan lembaga keuangan yang bertujuan untuk meningkatkan ekspor dari negara-negara di Asia.

Forum ini berisi komunitas Eximbank yang terdiri dari 11 Negara Asia dan Australia. Pada periode 2018-2019, LPEI dipercaya menjadi ketua Training Committee dalam pelaksanaan program pelatihan untuk anggota AEBF.

Direktur Eksekutif LPEI Sinthya Roesly mengharapkan forum ini menjadi diskusi yang bermanfaat bagi seluruh peserta dengan jalan berbagi pengalaman serta melakukan analisis terhadap topik antarnegara.

“Sebagaimana terdapat beberapa perwakilan dari India Eximbank, Korea Eximbank, dan China Eximbank yang memiliki portofolio pembiayaan investasi luar negeri,” jelasnya. Dalam rilisnya Selasa (9/4/2019).

Dia menyampaikan AEBF yang diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas seluruh peserta, diharapkan juga dapat memperkuat kerja sama antar anggotanya untuk meningkatkan ekspor.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga turut hadir dan memberikan keynote speech untuk seluruh anggota AEBF yang mengikuti pelatihan. 

“Saya mengapresiasi kegiatan AEBF ini sebagai ajang pertukaran informasi dan pengetahuan tentang perdagangan internasional antar negara anggota,” tuturnya.

Sinthya menambahkan berdirinya AEBF diawali oleh pertemuan pertama yang diselenggarakan di India. Pertemuan tersebut diprakarsai oleh Bank Ekspor-Impor India (Exim India) pada 1996.

“Salah satu program kerja sama AEBF adalah program peningkatan kapasitas sumber daya manusia. LPEI bergabung menjadi anggota AEBF sejak 1999. Pada tahun ini, total peserta yang mengikuti AEBF adalah sebanyak 70 orang.”

Topik yang diangkat pada forum ini adalah Country/Sovereign Risk Analysis dengan pelatihan yang diberikan oleh Moody’s Analytics dan sharing session dari Asian Development Bank (ADB). Kegiatan AEBF terdiri dari Technical Working Group Meeting (TWGM), Training Committee, CEOs Annual Meetings, Pelatihan/Capacity Building, dan kegiatan lain yang disepakati oleh anggota AEBF.

Menurut dia, forum ini menjadi wadah komunikasi antaranggota serta promosi perdagangan. Penyelenggaraan AEBF menunjukkan peranan Eximbank, khususnya LPEI, dalam mendukung peningkatan ekspor ke negara nontradisional melalui skema buyer’s credit dan skema overseas investment.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper