Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Pilpres 2019, Jokowi Pertemukan Pelaku Usaha Tani dan Bank

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana mempertemukan pelaku usaha pertanian dan bank di Istana Kepresidenan setelah Pemilihan Presiden pada 17 April 2019.
Petani memanen padi di areal persawahan kawasan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019)./Bisnis-Rachman
Petani memanen padi di areal persawahan kawasan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019)./Bisnis-Rachman

Bisnis.com, SRAGEN - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana mempertemukan pelaku usaha pertanian dan bank di Istana Kepresidenan setelah Pemilihan Presiden pada 17 April 2019.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di Gedung Olah Raga (GOR) Diponegoro, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2019) dalam pertemuan dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) se-Jawa Tengah.

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengingatkan pentingnya modernisasi alat pertanian seperti alat pengering (dryer) dan mesin pengemasan. Menurutnya, modernisasi alat pertanian itu dapat meningkatkan kualitas dari produk pertanian, bukan hanya padi tapi juga jagung.

Salah satu alat pertanian yang dibahas oleh Jokowi adalah dryer. Menurutnya, sejak masa kecil, Jokowi melihat pengeringan padi  setelah panen dilakukan dengan cara dijemur di halaman.

Pola lama tersebut menurutnya harus diubah. Pengeringan padi perlu dilakukan dengan menggunakan dryer. Namun, bagi petani atau pemilik penggilingan padi, membeli alat pengeringan baru membutuhkan dana.

Tidak semua penggiling padi memiliki dana untuk membeli mesin baru tersebut. Oleh karena itu, Jokowi menyarankan supaya penggiling padi meminjam dana dari bank untuk membeli mesin pengering itu.

Di depan peserta pertemuan itu, Jokowi kemudian berencana mempertemukan para pelaku usaha tani dan bank di Istana Kepresidenan setelah 17 April 2019 atau Pemilihan Presiden.

Jokowi tidak menjelaskan kenapa berencana mempertemukan mereka setelah Pilpres. Seperti diketahui, Jokowi sebagai calon presiden sedang berkeliling ke sejumlah provinsi untuk berkampanye sejak Minggu (24/3/2019) dan dijadwalkan sampai Sabtu (13/4/2019).

"Nanti akan saya atur setelah 17 April untuk bertemu dengan bank agar ada pinjaman bank sehingga seluruh penggilingan padi memiliki dryer," kata Jokowi.

Dalam pertemuan di ruang tertutup itu, Jokowi sempat berdialog dengan petani, pemilik penggilingan padi sampai penjual pupuk. Salah satu pemilik penggilingan padi, Endang, sempat ditanya oleh Jokowi kenapa tidak memiliki dryer.

Endang kemudian menjawab bahwa dirinya tidak memiliki dana. Jokowin kemudian bertanya lagi kenapa Endang tidak meminjam ke bank. Pemilik penggilingan padi asal Sragen itu mengaku masih takut kembali meminjam di bank karena dia masih berutang untuk membeli gabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper