Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Perbaikan Landasan Pacu, Bandara Samarinda Ditutup Sementara

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda ditutup untuk sementara waktu.
Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto atau Bandara Samarinda Baru resmi menggantikan Bandara Temindung.Foto:  Humas Kemenhub
Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto atau Bandara Samarinda Baru resmi menggantikan Bandara Temindung.Foto: Humas Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda ditutup untuk sementara waktu.


Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti beralasan penutupan operasional bandara tersebut untuk memperlancar kegiatan pekerjaan perbaikan landas pacu (runway). Hal ini berdasarkan NOTAM yang dikeluarkan AirNAV Indonesia No. C2214/19 NOTAMN (Close Runway).


“Kondisi saat ini, operasional penerbangan di Bandara APT Pranoto kami hentikan sementara. Kami juga berkoordinasi dengan maskapai dan Pemda setempat," kata Polana dalam siaran pers, Minggu (17/3/2019).


Pihaknya juga mengingatkan kepada operator penerbangan dan pengelola bandara untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Di sisi lain, dia meminta penumpang untuk sabar dan maklum jika penerbangan ditunda akibat perbaikan runway, karena faktor keselamatan adalah yang utama.  "Keputusan ini diambil untuk keselamatan dan keamanan penerbangan," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Dodi Dharma Cahyadi menjelaskan, penutupan runway sudah dimulai sejak pukul 07.00 WITA.


“Penutupan ini telah kami koordinasikan juga dengan  pihak airlines untuk menyampaikan hal tersebut kepada penumpang,” kata Dodi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper