PTPN IX Targetkan Produksi Kopi 600 Ton Tahun Ini

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX menargetkan produksi kopi mencapai 600 ton sepanjang 2019.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 22 Februari 2019  |  18:09 WIB
PTPN IX Targetkan Produksi Kopi 600 Ton Tahun Ini
Ilustrasi petani merawat tanaman kopi. - Antara/Anis Efizudin

Bisnis.com, SEMARANG – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX menargetkan produksi kopi mencapai 600 ton sepanjang 2019.

Adapun, PTPN IX memiliki lahan kopi seluas 1.000 hektare yang terbagi menjadi tiga kebun yakni di Getas, Jolong, dan Ngobo.

Direktur Operasional Tanaman Tahunan PTPN IX Mahmudi menuturkan target 600 ton kopi sepanjang 2019 realistis, karena capaian panen kopi pada 2018 hanya 450 ton.

"Produksi kopi tahun ini kami genjot dengan target 600 ton kopi di lahan seluas 1.000 hektare. Kami optimistis target ini tercapai seiring dengan banyaknya permintaan," ujarnya pada Jumat (22/2/2019).

Dia menambahkan PTPN IX juga membangun beberapa kafe seperti di Transmart, Bandara Ahmad Yani, dan rest area di Batang. Selain itu, ekspor digenjot ke Eropa terutama IKtalia.

"PTPN IX akan membangun beberapa kafe baru sebagai upaya mendongkrak pendapatan dengan memasarkan langsung kopi ke konsumen," ungkapnya.

Sebelumnya, PTPN IX juga menggandeng Jeera Foundation sediakan 1 juta sachet kopi per bulan untuk sejumlah lembaga pemasyarakatan di berbagai daerah di Indonesia.

Menurutnya, kerja sama itu sangat positif karena bisa memasok langsung kopi untuk dikembangkan oleh warga binaan di berbagai lembaga pemasyarakatan.

"Kami melakukan kerjasama dengan Jeera Foindation menyediakan 1 juta sachet kopi per bulan. Mudah-mudahan nanti April program ini mulai terlaksana," kata Mahmudi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kopi, ptpn ix

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup