Pabrik Didorong Gunakan Energi Panel Surya Dorong Ekonomi Berkelanjutan

Oleh karena pabrik biasanya menggunakan atap yang luas, sehingga diperkirakan bisa menghasilkan 3-7 mega watt dari panel surya. "Panel surya ini bisa di-generate dan ini juga dalam rangka circular economy,” imbuhnya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 22 Februari 2019  |  15:00 WIB
Pabrik Didorong Gunakan Energi Panel Surya Dorong Ekonomi Berkelanjutan
Siswa memasang panel surya di atas gedung SMK Prakarya Internasional, Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/5/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan didorong menggunakan solar cell sebagai sumber energi alternatif dalam rangka mendorong ekonomi berkelanjutan (circular economy).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa circular economy tidak mengenal sampah karena sumber daya alam digunakan lebih efektif dan efisien, dan kebijakan ini juga mendorong penggunaan energi alternatif.

"Energi alternatif yang bisa digunakan dalam industri adalah penggunaan solar panel untuk menghemat penggunaan listrik dari tenaga yang sudah ada saat ini. Karena pabrik biasanya menggunakan atap yang luas sehingga sangat memungkinkan untuk penggunaan solar panel," ujar Airlangga dalam keterangan pers yang dikutip, Jumat (22/2/2019).

Oleh karena pabrik biasanya menggunakan atap yang luas, katanya, sehingga pabrik diperkirakan bisa menghasilkan 3-7 mega watt dari panel surya. "Panel surya ini bisa di-generate dan ini juga dalam rangka circular economy,” imbuhnya.

Pemerintah juga akan memberikan insentif fiskal super deductible tax bagi industri yang melakukan research and development (R&D). Industri yang melakukan riset penggunaan energi terbaru akan mendapatkan insetif keringanan pajak hingga 300% dari total investasi yang digelontorkan untuk penelitian.

“Sekarang sedang dibicarakan dengan Kementerian Keuangan bahwa satu bagian dari inovasi untuk menggunakan circular economy ini tentu akan kami beri reward dalam bentuk tax deduction. Ditargetkan bulan depan segera rampung,” tutur Airlangga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
panel surya

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup