Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fase II MRT Mulai Bulan Depan, Operasional Ditarget 2024

Fase II Mass Rapid Transit (MRT) atau Ratangga akan dilakukan pada Maret 2019 dan beroperasi pada 2024.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 21 Februari 2019  |  09:08 WIB
Suasana proyek pembangunan terminal Mass Rapid Transportation (MRT) koridor Lebak Bulus-Bundaran HI di Jakarta, Jumat (4/1/2019). - ANTARA/Reno Esnir
Suasana proyek pembangunan terminal Mass Rapid Transportation (MRT) koridor Lebak Bulus-Bundaran HI di Jakarta, Jumat (4/1/2019). - ANTARA/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA – Fase II Mass Rapid Transit (MRT) atau Ratangga akan dilakukan pada Maret 2019. Pembangunan diharapkan selesai pada 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut untuk rute fase II ini adalah dari Bundaran HI ke Stasiun kota (fase IIA), sedangkan Stasiun Kota ke Ancol (fase IIB) akan dilakukan studi terlebih dahulu agar pembangunan lebih efektif.

“Untuk tahap ke II bulan depan sudah akan dimulai pembangunan dari HI ke Stasiun kota, sedangkan Stasiun Kota ke Ancol kita studi, kita harapkan keduanya selesai pada tahun 2024,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (21/2/2019).

Lebih lanjut, dia menuturkan terkait tarif, nantinya diputuskan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, karena hal tersebut berkaitan dengan subsidi. 

"Mengenai tarif, kewenangannya DKI untuk menetapkan, karena ada unsur subsidinya. Mereka akan hitung komersialnya berapa dan nanti subsidinya berapa, kemudian tarif nett nya itu ditentukan oleh DKI,” tuturnya. 

Pemerintah mengusulkan untuk tarif dengan rute HI ke Lebak Bulus berada di kisaran Rp8.500 – Rp10.000. 

MRT akan mulai beroperasi pada Maret 2019 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, adanya MRT ini sebuah pembuktian bahwa Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain seperti Malaysia atau Singapura dari segi infrastruktur dan transportasi.

Moda transpotasi ini juga diklaim ramah disabilitas, di halte MRT menyediakan toilet khusus disabilitas, blok taktil, ruang kursi roda pada kereta api ke 3 dan 4, serta lantai yang selevel dengan peron dan evalator.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt kereta api
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top