Kemenhub: Kick Off Proyek Bandara di Kayong Utara Mulai 2020

Kementerian Perhubungan akan memastikan pembangunan Bandara Sukadana di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, bisa dilakukan pada 2020.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  19:41 WIB
Kemenhub: Kick Off Proyek Bandara di Kayong Utara Mulai 2020
Ilustrasi - Aktivitas penerbangan pesawat udara di bandara. - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan memastikan pembangunan Bandara Sukadana di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, bisa dilakukan pada 2020.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan konektivitas antarwilayah di seluruh Indonesia.


"Kemenhub adalah satu tangan dari pemerintah untuk melaksanakan konektivitas. Di situlah kita melakukan suatu rencana-rencana pembangunan bandara. Untuk Kalimantan Barat sendiri, kami merencanakan dua bandara, yakni di Singkawang dan Kayong Utara," kata Budi dalam siaran pers, Selasa (19/2/2019).


Dia menjelaskan bahwa rencana pembangunan bandara ini akan dimulai pada 2020, setelah sejumlah persyaratan teknis sudah dipenuhi. Probabilitas pembangunannya sudah tinggi karena syarat-syarat teknisnya sudah memenuhi baik, obstacle, hamparan tanah, maupun topografi.


Pihaknya berharap adanya Bandara Sukadana, diharapkan Kabupaten Kayong Utara akan menjadi salah satu destinasi wisata dan dapat mendukung sektor pariwisata di sekitarnya. Oleh karena itu, diminta agar seluruh pihak yang berkaitan untuk terus mendukung rencana ini dan melaksanakannya dengan baik.

"Selanjutnya, dengan adanya bandara ini membuat Kayong Utara menjadi suatu destinasi wisata karena banyak sekali tujuan wisata yang cukup baik yang bisa dilakukan. Oleh karenanya, kami minta semua stakeholder mendukung rencana ini," ujarnya.


Selain Bandara Sukadana, Kemenhub juga menargetkan pembangunan Bandara Singkawang dimulai pada 2020 dan rampung pada 2022.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kemenhub, bandara, kalbar

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top