Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Sebut Petani Harus Diperkenalkan dengan Marketplace untuk Hadapi Revolusi Industri 4.0

Dalam debat capres putaran kedua mengemuka tentang revolusi industri 4.0 untuk petani, dan calon presiden Jokowi menilai petani perlu diperkenalkan dengan marketplace digital yang saat ini tengah berkembang.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 18 Februari 2019  |  01:15 WIB
Calon presiden Joko Widodo menyimak pertanyaan dalam debat capres 2019 putaran kedua. Bisnis - Nurul Hidayat
Calon presiden Joko Widodo menyimak pertanyaan dalam debat capres 2019 putaran kedua. Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA-- Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyatakan persiapan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur digital akan menjadi solusi bagi petani untuk menuju revolusi industri 4.0.

Salah satu pertanyaan seputar di sesi kedua yang membahas bidang pangan menyoroti bagaimana strategi kedua capres untuk mempersiapkan sektor pertanian, perikanan, dan peternakan dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Menurut Jokowi, petani perlu diperkenalkan dengan marketplace digital yang saat ini tengah berkembang agar mereka dapat memanfaatkan sistem daring untuk mendistribusikan produk mereka langsung ke konsumen.

“Inilah proses yang dilakukan di lapangan sehingga kita tidak tertinggal dengan negara lain dalam menyongsong revolusi industri 4.0,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyinggung mengenai pembangunan infrastruktur digital yaitu Proyek Palapa Ring serta percepatan pemerataan jaringan 4G. Menurutnya, hal tersebut penting sekali karena akan membuka gerbang digitalisasi di seluruh pelosok Indonesia.

Lebih lanjut, Jokowi mencontohkan saat ini sudah ada produk petani yang masuk ke marketplace, salah satunya melalui TaniHub. Ini akan berguna memotong rantai distribusi sehingga produk petani dapat dijual dengan harga layak tanpa dicampuri biaya agen atau tengkulak.

“Kalau saya melihat pembangunan sdm yang saya sampaikan. Saya meyakini bahwa kita akan mencapai industri 4.0 ini dengan optimis,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Debat Capres Pilpres 2019
Editor : Rahayuningsih
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top