Jasa Marga Properti Kebut Konstruksi Rest Area di Trans Jawa Jelang Lebaran

PT Jasa Marga Properti, anak usaha PT Jasa Marga Tbk. menargetkan penyelesaian 27 tempat peristirahatan dan pelayanan (TIP) atau rest area di koridor Trans Jawa sebelum Lebaran atau Juni 2019.
Rivki Maulana | 13 Februari 2019 16:43 WIB
Rest area jalan tol Cikopo-Palimanan km 86 ditutup karena penuh. - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Jasa Marga Properti, anak usaha PT Jasa Marga Tbk. menargetkan penyelesaian 27 tempat peristirahatan dan pelayanan (TIP) atau rest area di koridor Trans Jawa sebelum Lebaran atau Juni 2019.

Direktur Teknik JMP Tita Paulina Purbasari mengatakan sebanyak enam TIP sudah dibuka dengan fasilitas pelayanan terbatas sambil menunggu penyelesaian. Keenam TIP berlokasi di ruas Batang - Semarang dan Solo - Ngawi.

Adapun, hingga Februari 2019, JMP telah mengoperasiikan delapan TIP di lima ruas jalan tol. "Kami menargetkan sebelum Lebaran sudah bisa beroperasi. Tidak semua rest area berukuran besar atau tipe A, tapi ada juga yang kecil, tipe B," jelasnya di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Untuk diketahui, TIP dibagi ke dalam tiga tipe sebagaimana diatur Peraturan Menteri Nomor 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol. Tipe A merupakan tipe dengan fasilitas paling lengkap dengan luas minimal 6 hektare.

Fasilitas yang harus ada di dalam TIP tipe A yaitu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), anjungan tunai mandiri (ATM), toilet, klinik kesehatan, bengkel, dan kios. Selanjutnya minimarket, mushola, SPBU, restoran, ruang terbuka hijau dan sarana parkir. Sementara itu, luas dan fasilitas tipe B dan tipe C di bawah standar tipe A.

Secara keseluruhan, JMP mengelola 31 TIP di seluruh Indonesia. Selain di koridor Trans Jawa, JMP juga mengelola TIP di luar Jawa, antara lain ruas Medan - Kualanamu - Tebingtinggi (MKTT), Balikapapan - Samarinda (Balsam), dan Manado - Bitung. Tita menyebut, TIP di ruas MKTT dan Balsam sedang dibangun sedangkan di Manado baru akan dibangun pada kuartal III/2019.

 

Tag : jasa marga, rest area
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top