Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Lanjutkan KUR Peternakan Rakyat, Ini Daerah-daerah Penerimanya

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kembali menyerahkan kredit usaha rakyat (KUR) khusus peternakan rakyat secara serentak di enam daerah.
Menko Perekonomian Darmin Nasution menyerahkan KUR Peternakan di Malang, Jawa Timur./Bisnis-Finna U. Ulfah
Menko Perekonomian Darmin Nasution menyerahkan KUR Peternakan di Malang, Jawa Timur./Bisnis-Finna U. Ulfah

Bisnis.com, MALANG – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kembali menyerahkan kredit usaha rakyat (KUR) khusus peternakan rakyat secara serentak di enam daerah yang dipusatkan di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, JawaTimur.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan KUR peternakan merupakan perluasan jenis KUR yang dimaksudkan untuk menggerakkan sektor ekonomi tradisional di pedesaan yang dikelola oleh rakyat.

"Perayaan serentak ini bertujuan menyosialisasikan KUR peternakan rakyat kepada seluruh masyarakat di Indonesia," ujar Darmin saat acara penyaluran KUR khusus peternakan rakyat di Malang, Sabtu (9/2/2019).

Lima daerah lainnya adalah Sumba Timur (NTT), Magelang (Jawa Tengah), Lampung Tengah (Lampung), Sinjai (Sulawesi Selatan), dan Garut (Jawa Barat). Daerah-daerah tersebut dipilih karena merupakan penghasil ternak utama.

Selain itu, Kecamatan Pujon dipilih sebagai lokasi penyerahan KUR Peternakan karena memiliki jumlah peternak yang besar sekaligus didukung oleh lahan peternakan yang luas.

Darmin mengemukakan skema KUR Peternakan yang ditetapkan oleh pemerintah terbukti membantu para peternak dalam mengakses pembiayaan untuk membantu permodalan. Tercatat sejak 2015 hingga 2018, KUR Peternakan sudah dinikmati oleh 687.897 debitur dengan total dana Rp14,4 triliun.

Sementara itu, total penyaluran KUR Peternakan Rakyat yang disalurkan kali ini Rp21,29 miliar untuk 205 debitur, dengan perincian di Malang Rp1,7 miliar untuk 15 debitur, Magelang Rp1,6 miliar kepada 12 debitur, Garut Rp12,98 miliar kepada 150 debitur, Lampung Tengah Rp1,9 miliar kepada 12 debitur, Sumba Timur Rp2,3 miliar untuk 13 debitur, dan Sinjai Rp725 juta kepada 3 debitur.

Dalam sesi perbincangan dengan salah satu peternak sapi asal Sinjai melalui video conference, Amirudin, Menko Darmin berpesan agar sebisa mungkin memanfaatkan fasilitas KUR yang disediakan pemerintah.

"Jangan takut KUR habis, itu kami siapkan banyak (plafonnya), manfaatkanlah guna membeli peralatan yang produktif," ujar Darmin.

Ketika ditanya bagaimana harapannya terhadap KUR, Amirudin dengan malu-malu menjawab, "Sudah sangat mudah Pak, tapi kalau bisa bunganya diturunkan lagi," tutur Amirudin.

Tanggapan tersebut lantas disambut sorak sorai oleh peserta lainnya. Sebagai informasi, bunga KUR telah diturunkan menjadi 7% sejak 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Finna U. Ulfah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper