Pelindo III Siapkan Fasilitas Shore Power Connection Di Tanjung Emas

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan memasang fasilitas sambungan listrik dari darat (shore power connection) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang guna memenuhi kebutuhan listrik pada kapal yang bersandar.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 07 Februari 2019  |  10:56 WIB
Pelindo III Siapkan Fasilitas Shore Power Connection Di Tanjung Emas
Penumpang turun dari Kapal Pelni KM Labobar saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/6/2018). - ANTARA/Moch Asim

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan memasang fasilitas sambungan listrik dari darat (shore power connection) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang guna memenuhi kebutuhan listrik pada kapal yang bersandar.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Faruq Hidayat mengatakan pada pemasangan fasilitas tahap pertama akan dilakukan di Terminal Dwimatama yang dioperasikan oleh PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC).

"Fasilitas yang disiapkan di Terminal Dwimatama akan memiliki daya sebesar 1 mega watt dengan 1 unitshore power connection," katanya dalam rilis, Rabu (6/2/2019).

Dia menjelaskan penggunaan shore power connection yang disediakan oleh PT Lamong Energi Indonesia (Legi) ini diyakini dapat menekan biaya operasional kapal sekitar 25-40% yang selama ini biaya operasional digunakan untuk bahan bakar minyak untuk mesin saat bersandar di dermaga.

“Selama ini kapal yang bersandar mesinnya mereka tetap menyala untuk memenuhi kebutuhan listrik. Dengan shore power connection bisa efisien dan juga lebih ramah lingkungan karena emisi gas buang di pelabuhan juga berkurang,” imbuhnya.

Dia menambahkan selain pemasangan fasilitas listrik dengan PT Pupuk Indonesia Logistik, rencananya juga akan menyiapkan fasilitas listrik di Terminal Peti Kemas Semarang dan terminal lainnya di Tanjung Emas.

Adapun saat ini terminal Pelindo yang sudah terpasang shore power connection yakni BJTI Port, Terminal Teluk Lamong, dan Pelabuhan Benoa Bali. Pelaksana penyedia shore .

Direktur Utama PT Lamong Energi Indonesia (Legi) Purwanto Wahyu Widodo menambahkan, saat ini Legi sedang melakukan kajian untuk penyiapan di seluruh pelabuhan yang dikelola Pelindo III.

"Kami menghitung kebutuhan daya di masing-masing daerah karena kebutuhan listrik untuk kapal ini masih menggunakan dipenuhi oleh PLN,” kata Purwanto.

Purwanto menambahkan permintaan kebutuhan sambungan listrik melalui shore power connection saat ini lebih banyak diminta oleh pelayaran peti kemas domestik seperti Meratus, Tempuran Emas, dan SPIL.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top