Tol Solo-Yogyakarta Tunggu Persetujuan Trase oleh Karanganyar, Boyolali, Klaten Akhir Januari

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberi tengat waktu sampai akhir Januari kepada tiga kabupaten yakni Karanganyar, Boyolali dan Klaten untuk menyetujui trase pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta.
Alif Nazzala Rizqi | 25 Januari 2019 17:47 WIB
Jalan tol Solo-Ngawi - Istimewa/PT Jasamarga Solo Ngawi

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberi tengat waktu sampai akhir Januari kepada tiga kabupaten yakni Karanganyar, Boyolali dan Klaten untuk menyetujui trase pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta.

Kepala Biro Infrastruktur dan Sumberdaya Alam Setda Jateng Peni Rahayu mengatakan, ketiga kabupaten tersebut minggu depan harus memberikan tanggapan mengenai trase pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta apakah sudah sesuai dengan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) masing-masing kabupaten.

"Kami dari pemerintah provinsi memberikan waktu sampai akhir Januari untuk memberikan tanggapan terkait trase pembangunan jalan tol. Jika semua sudah setuju baru berlanjut ketahap berikutnya," kata Peni (25/1/2019).

Peni menambahkan, jika ketiga kabupaten tersebut sudah menyetujui trase yang sudah ditetapkan, maka langkah selanjutnya baru melakukan penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Dikatakan Peni, penyusunan AMDAL harus dilaksanakan oleh pusat. Pasalnya, pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta akan melewati dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Untuk AMDAL nanti yang akan membuat langsung dari pusat yakni Kementerian LHK, karena menyangkut dua provinsi yang rencananya akan dilakukan pada Februari mendatang," ujarnya.

Sementara itu lanjut dia, untuk penetapan lokasi (penlok) rencananya akan dilakukan pada bulan Juli dengan catatan AMDAL dari Kementerian LHK sudah jadi, sehingga bisa segera menetapkan penlok.

"Untuk penetapan penlok rencananya akan dilakukan ada Juli nanti, tinggal menunggu selesainya AMDAL dari Kementerian LHK," katanya.

Sebagai informasi, Jalan tol Solo-Yogyakarta rencananya akan memiliki panjang 92,85 kilometer dan 12 kilometer diantaranya dibangun melayang atau elevated.

Tag : yogyakarta, tol solo-yogyakarta
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top