Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Revolusi Industri, PP Polri Luncurkan Jasa Security 4.0

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri (PP Polri) meluncurkan PT Tetap Setia Sekuriti Indonesia (PT TSSI) yang bergerak dalam bidang jasa Security 4.0 dengan nama Setia Sekuriti Making Security 4.0.
Peluncuran Setia Security 4.0/Istimewa
Peluncuran Setia Security 4.0/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri (PP Polri) meluncurkan PT Tetap Setia Sekuriti Indonesia (PT TSSI) yang bergerak dalam bidang jasa Security 4.0 dengan nama Setia Sekuriti Making Security 4.0.

Security 4.0 adalah standard pengamanan di era revolusi industri 4.0 ketika dunia usaha sudah mengadopsi teknologi disruptif, seperti big data, artificial intelligence (AI), dan Internet of Things (IoT) dalam praktik bisnis mereka.

Sebagai brand pertama di Indonesia yang menyediakan pelatihan dan konsultansi jasa security 4.0. , Setia Sekuriti  memiliki empat jasa utama, yaitu Pelatihan Manajemen Sekuriti dengan standard kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), fasilitas training standar internasional, tenaga pengajar dari kalangan profesional yang berpengalaman di bidang sekuriti selama puluhan tahun. Kedua, konsultansi sekuriti oleh tenaga ahli yang berpengalaman, terutama untuk pengamanan perusahaan di era industri 4.0.

Ketiga, Penataan Sistem Pengamanan dengan peralatan keamanan berbasis digital dan   teknologi terkini untuk menghadapi potensi ancaman perusahaan di era 4.0. Keempat, penyediaan tenaga Manajer, Konsultan, dan Asesor Sekuriti yang memiliki kemampuan manajemen risiko (risk management), menilai risiko (risk assessor), cyber security dan memahami dengan baik sistem manajemen pengamanan sesuai Perundang-undangan, termasuk Peraturan Kapolri No.24 Tahun 2007.

Ketua Umum PP Polri Bambang Hendarso Danuri mengatakan bahwa perusahaan jasa security 4.0 ini diluncurkan dalam rangka mendukung tugas Kepolisian Republik Indonesia dalam menyiapkan tenaga sekuriti profesional yang akan membantu Polri memelihara kamtibmas, khususnya dalam menyediakan lingkungan kerja yang aman dan kondusif bagi para perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

“Jasa security 4.0 yang disediakan oleh Setia Sekuriti diharapkan dapat menjadi ajang transfer ilmu dan keterampilan para purnawirawan Polri yang berpengalaman puluhan tahun di bidang pengamanan negara dengan para praktisi sekuriti dari kalangan perusahaan,” katanya.

Dalam operasionalnya, Setia Sekuriti  dikawal oleh para purnawirawan kawakan, seperti Irjen Pol.(Purn) Drs. Edward Aritonang, M.M., sebagai Direktur Utama; Brigjen Pol (P) IGM Dirgayu Wibawa, Purnawirawan Polri yang meraih gelar doktor dari Universitas Nasional—kini menjadi Business Intelligence Consultant, sebagai Direktur Marketing; dan para tenaga ahli diantaranya Dr. Payaman Simanjuntak, mantan Dirjen di Depnaker; DR. Subagyo, pengajar Perguruan Tinggi; DR. AS Ruky, ahli manajemen, mantan CEO dan Komisaris di beberapa perusahaan besar; Ir. Amril Fauzy MBAT, praktisi cyber crime; Drs. Alex I Bukit, mantan profesional sekuriti dari Chevron; Komjen Pol (P) DR. Ito Sumardi. mantan Dubes RI di Myanmar; Drs. Basyir Barmawi, mantan Dirjen Imigrasi; Ir. Abrar Prasodjo, tenaga ahli bidang keamanan lingkungan.

Pada peluncurannya di Gedung Tri Brata, Jakarta Selatan, Kamis (24/1), Edward Aritonang mengatakan bahwa Setia Sekuriti adalah lembaga Pelatihan Manajemen Sekuriti yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang  diselenggarakan dengan sertifikasi kompetensi profesi, yang mendapat  lisensi dari BNSP.

“Lembaga ini mengusung kurikulum Manajemen Risiko, Manajemen Penanggulangan Bencana, Cyber Security, Manajemen Pengamanan Fisik dan Obvitnas, Manajemen Health Environment Safety, dan Business Intelligence yang diperkaya dan dipertajam dengan kurikulum security 4.0,” ujar Edward.

Selain menyediakan lembaga pelatihan Manajemen Sekuriti, menurutnya, Setia Sekuriti juga menyediakan jasa profesional di tingkat manajer sekuriti yang mumpuni di bidang industrial sekuriti, terutama dalam penanganan crime and loss prevention, menyediakan tenaga konsultan sekuriti yang mampu berperan menjadi advisor keamanan bagi manajemen perusahaan, dan tenaga Threat and Risk Assessor yang mampu melakukan penilaian ancaman dan risiko keamanan perusahaan. 

Bersamaan dengan peluncuran PT Tetap Setia Sekuriti Indonesia (TSSI) dengan layanan security 4.0-nya, PP Polri juga memperkenalkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P-2 Sekuriti, satu-satunya lembaga yang mendapat kepercayaan dari BNSP untuk menyelenggarakan sertifikasi profesi sekuriti di Indonesia.

Pada peluncuran itu, Direktur LPS P-2 Sekuriti menyerahkan sertifikat kompetensi BNSP kepada peserta Training Manajemen Sekuriti PP Polri angkatan I 2018. Peserta training telah melalui penilaian dari para asesor antara lain Irjen Pol. (Purn.) Drs. Alantin Simanjuntak, Dr. AS Ruky, dan Irjen Pol. (Purn.) Basir Barmawi.

Training Manajemen Sekuriti Angkatan I diikuti oleh 21 orang peserta dari anggota Polri dan purnawirawan Polri. Untuk memperkuat kompetensi para peserta training, PP Polri membawa para peserta melakukan studi dan praktik security 4.0 ke sejumlah perusahaan pemerintah serta swasta, seperti Bank Indonesia, PT Telkom dan PT Telkomsel, PT Angkasa Pura II, PT PLN, dan PT SMART dari Sinar Mas Group.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper